Anggota DPRD Tinjau Proyek asal-asalan di Siak

Tualang (Segmennews.com)- Beberapa Proyek jalan base B di jalan Ceras Kecamatan Tualang yang menghabiskan dana hingga Rp 3,4 miliar diduga asal-asalan, bahkan diduga pekerjaan itu tidak sesuai spesifikasi.

Hal itu terungkap saat peninjauan oleh lima anggota DPRD Siak Daerah Pemilihan (Dapil) 4 yakni, Ismail Amir, Marudut Pahpahan, Jufrizal, Gustimar dan Suhartono, Rabu (28/11/12) terhadap beberapa proyek di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Siak.

Ismail Amir mengungkapkan bahwa pekerjaan tersebut diduga tidak bagus atau tidak sesuai dengan spesipikasinya, selain itu base B nya diduga asal-asalan. Pasalnya, jalan tersebut tidak bagus diduga lebih banyak tanah timbun dari pada batu pecah dan pasir, selain itu juga ditemukan dugaan ketebalan yang tidak sesuai dengan standar.

“Kita menduga pekerjaan base B di Jalan Ceras yang menghabiskan dana APBD miliaran itu tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, selain itu pekerjaan itu juga diduga asal jadi, serta ketebalannya juga kita ragukan,” ungkap Ismail.

Hal senada juga diungkapkan Suhartono, Juprizal, dan lainnya bahwa mereka meragukan kualitas base B tersebut.

“Kita ragukan kualitas base B jalan, sebab kita lihat base B nya banyak tanah dan saat ini kondisi ketahanannya diragukan,” tukas Suhartono.

Dengan adanya temuan yang kurang memuaskan itu, sehingga anggota DPRD Siak merencanakan dalam waktu dekat akan memanggil pihak perusahaan yakni, PT.Rahna Katiado. Mereka akan mempertanyakan tentang pekerjaan yang banyak ditemukan permasalahan dilapangan.

“Kita akan memanggil pihak perusahaan yang mengerjakan Jalan Ceras ini, kita akan mempertanyakan tentang permasalahan-permasalahan yang kita temui di lapangan,” terang Ismail.

Selain itu diketahui bahwa, perusahaan yang mengerjakan proyek tersebut dibawa oleh salah seorang anggota dewan Dapil setempat berinisial, HT.

Sementara itu keterangan UPTD PU Tualang Dodi Eka Putra bahwa saat ini pekerjaan tersebut masih dalam pekerjaan dan juga ada massa pemeliharaannya, dan mengenai hal-hal yang ditemukan dilapangan oleh anggota dewan akan dipertimbangkan dan akandilaporkan ke Kepala Dinas PU Siak. (rinto)