Bonai Darussalam (Segmennews.com)- Desa Sontang, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) selama terndam banjir sudah hampir 1 bulan, membuat buaya pemangsa mendatangi areal pertanian masyarakat, kawanan buaya pemangsa itu diperikarakan puluhan ekor, dikhawatirkan membahayakan masyarakat setempat.

Dikatakan, Kepala Desa Sontang Zulfahrianto, Sabtu (1/12/2012), puluhan buaya muncul diareal pertanian masyarakat, setelah banjir tak kunjung  surut, masyarakat khawatir jika kawanan buaya liar ini mendatangi  pemukiman penduduk, dampaknya tentu sangat berbayaha bagi masyarakat.

“Kita sudah laporkan pada pemerintah Kecamatan Bonai Darussalam  tentang keberadaan buaya pemangsa, pihak Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Rohul sudah turun  kelapangan dan mengamankan 1 ekor buaya pemangsa,” ungkapnya.

Diterangkan, Kadishutbun Rohul Sugiarno, SP, pihak sudah menurunkan team kelapangan untuk melakukan antisipasi awal terhadap buaya pemangsa itu, hewan liar itu sudah berhasil ditangkap dan diamankan, rencananya akan dibawa ke Kebon Binatang (Bonbin) di Pekanbaru.

“Kemarin Kamis (30/11) sekira pukul 13.00  Wib ada laporan masyarakat mengenai buaya pemangsa,  tim kita lasngsung kelokasi, ukuran buaya itu liar panjangnya  sekitar  2 Meter, kemudian besar di wilayah perut sekira 40 sampai 50 Diamter, buaya liar itu langsung dibawa Polisi Kehutanan (polhut) Rohul melewati Kota Duri Kabupaten Bengkalis menuju Pekanbaru,” paparnya. (dab)