Pelalawan (Segmennews.com)- Bagian Pengolahan Data Elektronik (PDE) Setda Pelalawan telah melakukan berbagai upaya dan terobosan untuk memudahkan proses arus informasi antara Sekretariat Pemda Pelalawan dengan beberapa kecamatan di Kabupaten Pelalawan. Saat ini, empat kecamatan telah terkoneksi langsung dengan Kantor Bupati Pelalawan yang server pusatnya berada di Bagian PDE.

Hal ini dibenarkan Kabag PDE Setda Pelalawan, Drs Yusmuhardi, melalui Kasubag Sistim Informasi Manajemen Setda Kabupaten Pelalawan, Sofyan SH MH, akhir pekan mengatakan empat kecamatan telah terkoneksi langsung dnegan bagian PDE Pemda Pelalawan.

“Ya, tahun ini empat kecamatan telah terkoneksi langsung dengan kantor Bupati Pelalawan. Hal ini semakin memudahkan serta mengefisienkan kerja antar instansi, khususnya kantor kecamatan dengan Kantor Bupati Pelalawan,” terang

Dijelaskan Sofyan, empat kecamatan yang tahun ini telah terkoneksi itu diantaranya Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kecamatan Pelalawan, Pangkalan Kuras dan Langgam. Jadi dengan telah terkoneksinya empat kecamatan itu dengan Kantor Bupati Pelalawan maka empat wilayah itu sudah bisa melaksanakan video conference.

“Telah dilakukan uji coba langsung video conference oleh Kabag PDE dengan staf Camat Pelalawan. Alhamdulillah, video conference melalui yahoo messenger itu hasilnya bagus. Tampilan yang keluar dari dua arah, antara Pak Kabag dengan staf Camat Pelalawan, gambarnya tak putus-putus,” bebernya seraya mengatakan bahwa dengan video conference ini maka pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik.

Program video conference ini, sambungnya, dilakukan melalui antena pemancar yang disebut canopi yang dipasang di beberapa titik. Untuk Kecamatan Pangkalankerinci, Pelalawan dan Langgam, antena pemancarnya langsung ke arah Kantor Bupati sementara untuk Kecamatan Pangkalan Kuras, antenanya dipasang di Kantor Disdukcapil Pelalawan sebagai titik tertinggi di daerah ini.

“Ini memang terobosan baru yang kita hasilkan tahun ini, karena sebelumnya untuk SKPD-SKPD yang ada di sini, itu sudah lama terkoneksi. Tahun ini, mulai kita koneksi kan antara Kantor Bupati dan kecamatan-kecamatan,” terangnya.

Pasca telah tersambungnya koneksi di empat kecamatan itu, lanjutnya, maka pihaknya mengharapkan tahun depan di empat kecamatan itu sudah mampu memiliki website sendiri. Sehingga dengan begitu, segala macam program kerja serta kebijakan-kebijakan suatu kecamatan dapat terus terupdate dan dibaca oleh masyarakat daerah ini.

“Satu hal yang perlu saat ini adalah masyarakat ingin mengetahui semua program serta kebijakan-kebijakan Pemkab Pelalawan. Jadi dengan telah terkoneksinya empat kecamatan disusul kecamatan-kecamatan lain serta SKPD-SKPD, maka masyarakat akan bisa melihat apa yang sudah dilakukan oleh Pemkab Pelalawan,” ungkapnya.

Disinggung kecamatan-kecamatan lainnya yang belum terkoneksi, dilanjutkan  Sofyan a tahun 2013 mendatang akan ada empat kecamatan lagi yang dipasang koneksi seperti ini. Apalagi bagi kecamatan-kecamatan yang jauh dari Ibukota Kabupaten Pelalawan seperti Kecamatan Kuala Kampar dan Teluk Meranti, jelas koneksi dengan Kantor Bupati Pelalawan sangat diperlukan.

“Koneksi antar kecamatan dengan Kantor Bupati Pelalawan memang benar-benar diperlukan. Selain dapat mengefisienkan kerja juga Pak Bupati dapat secepatnya mengetahui kondisi langsung dari Camat jika suatu daerah itu terkena musibah mendadak, misalnya, banjir,” ujarnya.

Ditambahkannya, selain program itu direncanakan juga pada tahun depan PDE Pelalawan akan membuat wi-fi gratis di tiap kecamatan yang ada di daerah ini. Tujuannya, dengan adanya wi-fi gratis yang dipasang di lokasi tertentu di tiap kecamatan, khususnya kecamatan yang jauh, maka para pelajar dan masyarakat bisa memanfaatkan berbagai pengetahuan dari internet.

“Itu yang kita rencanakan tahun depan, sehingga nantinya bukan hanya masyarakat perkotaan saja yang ‘mengenal’ internet tapi masyarakat di pelosok daerah ini juga tahu dan paham menggunakan internet,” tutupnya. (rz)