Rokan Hulu (Segmennews.com)- Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) dan Pengurus Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Rokan Hulu, akan mengikuti Rapat Koordinasi Tahunan BAZ Provinsi Riau, tanggal 4 s/d 5 Desember 2012, bertempat di Siak Sri Indrapura.

Demikian disampaikan Kakan Kemenag Rohul, Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA di kantornya, jalan ikhlas kompleks perkantoran pemerintah Rohul, Pasir Pengaraian, Senin (3/12/2012).

Dikatakannya, Rapat koordinasi tersebut bertujuan untuk menyatukan visi dan misi serta kesatuan langkah dan gerak BAZ dalam pengelolaan dan pemberdayaan zakat di Provinsi Riau.

Rapat koordinasi tersebut, direncanakan akan dibuka secara resmi oleh Kakanwil Kemenag Riau Drs H Tarmizi Tohor MA. Rakor diikuti oleh Ketua dan Sekretaris 12 BAZ Kab/Kota serta 11 Kakan Kemenag Kab/Kota se Provinsi Riau, ditambah dengan pengurus BAZ Provinsi Riau.

Untuk memberikan muatan yang lebuh berkualitas dalam pelaksanaan Rakor BAZ, para peserta akan mendapatkan pengarahan khusus dari Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI Prof DR H Abdul Jamil dari Jakarta.

Menurut Kakan Kemenag Rohul, Provinsi Riau sangat potensial dari sisi pengelolaan zakat. Jika zakat dikelola dengan baik dengan menggunakan manajemen modern, maka tidak kurang dari Rp 1 Triliun dana akan terkumpul setiap tahunnya.

Dana sebanyak ini dapat dipergunakan untuk mengentaskan kemiskinan, kebodohan dan bahkan keterbelakangan yang masih menyelimuti sebagian masyarakat muslim Provinsi Riau, terang Ahmad Supardi.

Ahmad Supardi Hasibuan lebih lanjut menyatakan, jika dana sebanyak ini dapat dikumpulkan dan dikelola secara professional, maka dalam rentang waktu 5 tahun ke depan, kemiskinan akan terkikis habis dari Provinsi Riau.

Hal ini sangat mungkin dilakukan, dengan catatan kesadaran masyarakat muslim yang berkecukupan dan berpenghasilan lebih tentang kewajiban zakat dapat ditingkatkan, serta para pimpinan kita memberikan contoh tauladan yang baik, tegas Ahmad Supardi Hasibuan. (gib)