Kondidi jalan Provinsi Riau di Bonai Darussalam

Bonai Darussalam (Segmennews.com)- Dinas Bina Marga dan Pengaiaran (BMP) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) desak Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau Bidang Bina Marga agar Jalan Lintas Provinsi (Jalinprov) Kabupaten Rohul menuju Kota Duri Kabupaten Bengkalis, tepatnya di Desa Sontang, Kecamatan Bonai Darussalam segera diperbaki. Pasalnya jembatan alternatif masyarakat hanya bisa bertahan untuk sementara dan tidak bisa dilewati kenderaan dengan bermuatan berat.

Kadis BMP Rohul, Hery Islami, ST, MT, Selasa (/12), menuturkan bahwa, Pemkab Rohul sudah sering lakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum, agar ada antisipasi awal untuk menanggulangi kondisi terputus jalan di Desa Sontang, Kecamatan Bonai Darussalam, sayangnya hingga saat ini belum ada action di lapangan, sebab anggaran daerah tidak mampu untuk menjangkau keruskaan jalan, apalagi itu statusnya jalan provinsi.

“ Kita sudah sering sampaikan baik secara lisan maupun tulisan agar jalan itu segera diperbaiki,  supaya akses masyarakat dapat berjalan dengan lancar, namun sampai hari ini belum ada jawapan apapun, kita memang kecewa terhadap mereka karena dinilai kurang pro aktif, ” sebutnya.

Dilain waktu, diterangkan Kepala Desa Sontang Zulfahrianto, kondisi cuaca buruk di Kabupaten Rohul,  membuat Sungai Rokan meluap, menerjang jalan,  maka jalanpun terputus dan digenangi air, antisipasi sementara agar bisa dilalui roda 2 masyarakat bergotong royong membuat jembatan darurat dari kayu balok dan papan.

“Kalau jalan tergenang air ini hampir 150 Meter, lamanya sudah 1 bulan lebih, gimanalah pak, kita sudah melapor ke mana-mana,  namun belum ada tanggapan apapun,”kesalnya,

Berdasrkan informasi dari Dinas PU  Provinsi Tahun 2011 lalu, sudah ada anggaran untuk membangun jalan itu,  sesuai Penetapan Pemenang Pelelangan dengan nomor No. 22.12/PENT/PAN-PEMB/2011, kegiatannya Peningkatan Jalan Sontang-Duri (B), sebagai pihak ke III, yakni  PT. Bina Riau Sejahtera, beralamat di Jl. Durian No: 91 H Pekanbaru, pagu dana pembangunannya Rp 4,525,995,509.164, ditanda tangani Ketua Panitia Pengadaan Suyadi, ST, MT,  tanggal 22 September 2011,

Tapi pantauan di lapangan, jalan sudah genangi air, akibat jebolnya jalan itu, masyarakat setempat secara bergantian membantu masyarakat hendak lewat dengan upah sukarela, 3 balok besar diletakkan di badan jalan, kemdian membuat papan kecil agar pengendera sepeda motor tidak terbenam. (dab)