Siak (Segmennews.com)- Bupati Siak Drs H Syamsuar mengungkapkan, pemerintah yang dalam hal ini Umaro’ harus bersinergi dengan para Ulama untuk bisa meningkatkan pembangunan di segala bidang.

“Seiring sejalan antara umaro dan ulama adalah satu pilar penting untuk menggapai kemajuan yang diharapkan dengan tetap berlandaskan pada ajaran Islam,” katanya, saat memberikan sambutannya pada Pelantikan Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Siak, Bunga Raya, Mempura, Pusako, Sungai Apit & Sabak Auh yang dipusatkan di Pondok Pesantren Al Muttaqin Desa Jati Baru Kecamatan Bunga Raya, Rabu (5/12).

Kegiatan ini bersamaan dengan Hari Lahir Pondok Pesantren Al Muttaqin yang ke 20. Pengurus MWC Enam kecamatan ini dilantik oleh Ketua Pengurus Wilayah NU Provinsi Riau Drs H Asy’ari Noor.

“Mari kita bangun daerah ini sesuai dengan kapasitas kita masing-masing. Jika tidak bisa berbuat dengan tenaga dan kekuatan, kita bisa membantu dengan memberikan pemikiran-pemikiran yang dapat berguna bagi orang banyak,” ungkap Bupati.

Ucapan selamat juga disampaikan Bupati Siak kepada pengurus MWC yang telah dilantik dengan harapan bisa membangun sinergisitas dalam rangka meningkatkan pembangunan umat. “Ada kerjasama antara umaro dan ulama dalam meningkatkan pembangunan disegala bidang,” ujar Bupati.

Disamping itu, Bupati Siak mengatakan salah satu metode pembangunan manusia yang dapat dilakukan saat ini adalah menyiapkan sarana dan prasarana pendidikan berbasis islam secara merata di kabupaten Siak. Ia memandang, keberadaan sekolah berbasis pendidikan islam seperti madrasah dan pesantren di kabupaten Siak masih perlu dikembangkan. Hal ini sejalan dengan visi kabupaten Siak untuk menciptakan lingkungan masyarakat yang agamis dan berbudaya Melayu.

“Dan hal itu tentunya harus dibarengi dengan progran-program yang betul-betul tepat sasaran bagaimana visi tersebut bisa terlaksana dengan baik,” papar beliau sembari menjelaskan berbagai program pendidikan yang sudah dijalankan pemerintah kabupaten Siak.

Sektor pendidikan ujar Syamsuar menjadi salah satu fokus pembangunan pemerintah kabupaten Siak karena menjadi sangat penting bagi perkembangan anak dimasa depan, “Disamping menjadikan anak yang cerdas, tetapi juga beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT,” imbuhnya.

Disamping itu Bupati juga menegaskan yang tak kalah penting adalah peningkatan dari kualitas pendidikan itu sendiri.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut sejumlah tokoh pejuang dan tokoh masyarakat provinsi Riau yang secara kebetulan melakukan perjalanan ke beberapa wilayah di provinsi Riau, Mantan Bupati Bengkalis Imran Syahiman serta Azali Johan SH, Ketua Pengurus Wilayah NU Provinsi Riau H Asy’ari Noor serta para jajaran pengurus NU Lainnya beserta ratusan masyarakat anggota NU kecamatan Bunga Raya serta para pengurus dan anggota NU dari kecamatan-kecamatan yang ikut dilantik. Sekaligus diisi pula dengan kegiatan Tausiyah yang disampaikan oleh Ketua NU Provinsi Lampung.

Ketua Pengurus Cabang NU Kabupaten Siak Faturrahman menjelaskan, sejauh ini dengan pelantikan yang dilakukan, pengurus cabang NU sudah memiliki 13 MWC di 13 kecamatan se kabupaten Siak. Sementara 1 kecamatan lainnya juga sudah terbentuk.

Kepengurusan dan keberadaan NU diharapkan dapat membantu pemerintah dalam pembangunan manusia seutuhnya sesuai dengan ajaran Islam. Karena pembangunan tersebut juga tidak akan berjalan jika hanya dilakukan oleh pemerintah dan tidak juga bisa dilakukan hanya oleh NU saja. Selanjutnya MWC juga menyatakan siap membantu program pemerintah sebagai mana yang telah dicita-citakan yakni menjadikan Siak sebagai bumi melayu yang islami. (rls)