Rokan Hulu (Segmennews.com) Konsitensi Pemerintah Kebupaten  Rokan Hulu (Pemkab-Rohul), dalam meningkatakan potensi pengembangan sektor eknomi pedesaan diaktualisasikan dengan progres kucuran dana bantuan langsung Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2012 senilai Rp 49.66, semua programnya berjalan dan tersalurkan dengan efektif.

Kepala Badan Pemerintahan Desa  (BPD) Rohul, Budhi Kasino di dampingi Kabid Pemberdayaan Desa Sulpan Alwi, SP, di ruang kerjanya, Selasa (11/12), target dalam pemerataan pembangunan di seluruh sektor, sebab desa termasuk ujung tombak  dan akses ekonomi masyarakat.

“ Pengalokasian dana ADD itu antara lain, pembangunan sarana desa, seperti jalan desa, jalan usaha pertanian, masjid dan operasional administrasi desa,”sebutnya.

Kabupaten Rohul ada 153 Desa dan Keluarahan,  tapi untuk kelurahan sudah ada Satuan Kerja (Satker) sendiri, maka tinggal 147 Desa penerima dana ADD, jika tahun 2012 ini hanya 49.66 M, Tahun 2013 mendatang ditambah  Rp 6 M, total penerimaan tahun  depan Rp 55.66 M.

“ Terkait penyalurannya, memang berpariasi sesuai kebutuhan desa dengan kriterianya yakni, jumlah penduduk, jarak tempuh dari Ibu Kota Kabupaten, terkait belanja rutin untuk administasri desa, seluruh desa di Rohul disamakan,”sebutnya.

Diterangkan, pemberdayaan dan pembinaan administrasi desa, termasuk pengelolaan anggaran, adanya kerjasama dengan link sector, yakni Insfektoratdan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Latihan (BKPL) Rohul, khususnya pembinaan sekdes baru-baru digelar di Mutiara Merdeka Hotel Pekanbaru.

“Ke depan pengelolaan dibidang keuangan ditingkat desa bisa ditertibkan dengan sebaik mungkin, sehingga pengelolaanya dapat berjalan dengan tepat sasaran,” pungkasnya. (dab)