Wabup H Alfedri serahkan Zakat Produktif binaan BAZ kab Siak kepada mustahiq di Mesjid Nurul Iman Desa Merempan Hulu Kec Siak

Siak (Segmennews.com)- Ketua Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Siak Alfedri yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati (Wabup) Siak, Rabu (11/12/12)menyalurkan zakat produktif dan konsumtif di kecamatan Siak.

Penyerahan Zakat konsumtif kepada 10 orang mustahik sebesar 750 ribu rupiah per orang dan Zakat produktif berupa 10 ekor Sapi perkelompok yang merupakan binaan BAZ Siak, acara berlangsung di Masjid Nurul Iman desa Merempan Hulu.

Selain itu di Musholla Ar Rahman Kelurahan Kampung Dalam kecamatan Siak, sebanyak 12 ekor sapi yang terdiri dari 2 kelompok, dan zakat konsumtif sebanyak 40 orang sebesar Rp. 750 ribu per orang.

Dalam sambutannya Ketua BAZ Siak Alfedri mengatakan, untuk wilayah Kecamatan Siak dana yang akan disalurkan berjumlah Rp. 152 Juta. Sementara itu BAZ Kabupaten Siak pada tahun 2013 mendatang akan membagikan dana sebesar Rp. 200 ribu per orang untuk setiap bulan kepada para fakir miskin dan kaum dhuafa.

Selain itu juga untuk membantu pada guru-guru ngaji, mualaf dan memberikan bantuan berupa pinjaman lunak tanpa anggunan serta bunga yang cukup kecil guna menghindari dari rentenir dan riba.

“Penyaluran zakat produktif ini, diharapkan dapat mendorong masyarakat Siak untuk mandiri dan mengurangi ketergantungan dengan orang lain. Hal itu tentunya dapat mengurangi jumlah keluarga miskin,” terang Alfedri.

Selain itu Alfedri juga menambahkan bahwa, dana zakat sebaiknya dipakai dalam kegiatan produktif, bukan konsumtif. Karena zakat produktif akan menghasilkan manfaat jangka panjang yang lebih baik bagi kaum dhuafa, dibanding pemenuhan kebutuhan sesaat.

Sementara untuk bantuan dana pinjaman akan diambil dari dana Amil, karena para pengurus amil atau zakat tidak mengambil sedikitpun untuk dana operasional karena Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak telah memberikan bantuan ke BAZ.

“Kami telah sepakat bahwa hak dana para pengurus zakat atau amil tidak kami ambil sepersen pun untuk dana operasional kami, Pemkab Siak telah memberikan bantuan kepada BAZ Kabupaten Siak,” tegas Alfedri juga menjabat Wabup Siak. (rinto)