Padang Sidimpuan (Segmennews.com)- Hasil pemilukada Kota Padangsidimpuan (Psp) dalam waktu dekat segera disampaikan ke Gubernur Sumatera Utara (Gubsu). Dari Gubsu nanti akan disampaikan ke Mendagri untuk kepentingan pelantikan Walikota dan Wakil Walikota terpilih, Andar Amin Harahap-Muhammad Isnandar Nasution.

Dirilis Metro Siantar Online bahwa, Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Psp, Faisal Hasibuan membenarkan bahwa hasil pemilukada sudah disampaikan oleh KPU Psp, Rabu (28/11) ke DPRD Psp, dan saat ini dalam proses administrasi untuk kemudian disampaikan ke Walikota Psp.

Dimana nantinya bersama dengan DPRD Psp akan bersama-sama menyampaikannya ke Gubsu untuk selanjutnya Gubsu akan menyampaikannya ke Mendagri untuk keperluan pelantikan kepala daerah terpilih.

Asisten I bidang hukum dan pemerintahan, Rahuddin Harahap SH MH menuturkan, pihak eksekutif (pemko Psp, red) belum ada menerima tembusan hasil pemilukada yang disampaikan KPU ke DPRD Psp itu. “Belum ada kita terima, mungkin hari ini atau besok,” ujarnya.

Setelah hasil pemilukada ini diterima, kata Rahuddin, bersama DPRD Psp nantinya eksekutif akan menyampaikannya ke Gubsu untuk kemudian Gubsu menyampaikannya ke Mendagri untuk kepentingan pelantikan Walikota dan Wakil Walikota terpilih yang direncanakan pada tanggal 4 Januari 2013 nanti.(mtc/snc)