Bengkalis (Segmennews.com)- Dua utusan Kafilah Kabupaten Rokan Hulu menyusul tiga rekan sebelumnya masuk ke babak final di ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXXI tingkat Propinsi Riau di Bengkalis. Keduanya masing masing berasal dari Cabang Tafsir Bahasa Indonesia dan cabang Tilawah kategori anak-anak putri.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu, Drs.H.Ahmad Supardi Hasibuan, MA mengatakan, dengan masuknya dua utusan Rokan Hulu tersebut maka jumlah utusan Rokan Hulu yang berhasil masuk ke final sementara sudah lima utusan untuk lima cabang yang diikuti.

Lebih lanjut dikatakan Ahmad Supardi, kemungkinan harapan akan bertambahnya utusan Rohul masuk final masih ada karena ada dua cabang perlombaan lagi yang masih menunggu pengumuman dari dewan hakim.

”Untuk cabang tafsir bahasa inggris putra putri, tafsir bahasa arab putra belum hasilnya belum diumumkan, begitu pula dengan cabang tilawah dewasa putra putri. Kita bergarap didua cabang ini kita masih bisa menambah utusan maju ke babak final,”ujar Ahmad Supardi.

Sementara terkait dengan lomba yang diikuti, dituturkan Kakankemenag, semua cabang lomba yang diikuti Rohul semuanya sudah tampil. ”semuanya sudah tampil, dan hampir semua hasilnya sudah diumumkan. Tinggal lagi dua cabang yang belum diumumkan yakni cabang tilawah dewasa dan tafsir bahasa inggris dan bahasa arab, ”imbuhnya.

Mengenai hasil dari semua cabang yang telah diikuti di luar lima utusan yang masuk final dan tiga cabang yang masih menunggu pengumuman dewan hakim tersebut, utusan kafilah Rohul sudah dinyatakan gagal. ”Namun kita perkirakan pada cabang cabang yang lain itu ada yang masuk sebagai juara harapan satu, dua dan tiga,”pungkasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, tiga cabang yang berhasil masuk final tersebut adalah, Cabang Tahfiz 20 juz putri, Khattil Qur’an Naskah putra, dan cabang Qiraat Sab’ah putra.

Khusus untuk cabang Khattil Qur’an kategori Naskah dan Qira’at Sab’ah diprediksi akan meraih peringkat satu, karena berdasarkan hasil penilaian dewan hakim pada babak penyisihan lalu keduanya menempati posisi nilai teratas. (/rls)