Rokan Hulu (Segmennews.com)- Bupati Rokan Hulu, Drs.H.Ahmad, Msi kembali menerima penghargaan dari pemerintah Republik Indonesia. Kali ini Achmad dianugerahkan sebagai penerima penghargaan apresiasi pendidikan Islam tahuin 2012 oleh Menteri Agama RI.

Berdasarkan undangan Menteri Agama RI kepada Bupati Rohul, rencananya penghargaan akan diserahkan pada malam tasyakuran Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke 67 tahun 2013 di auditorium Kementerian Agama RI jl.M.H. Thamrin No.6 Jakarta Pusat, Kamis (3/1) pukul 19.00 Wib malam nanti.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu, Drs.H.Ahmad Supardi Hasibuan,MA mengatakan, penghargaan apresiasi pendidikan islam yang akan diterima Bupati Achmad tersebut merupakan usulan yang pernah disampaikan Kemenag Rohul kepada Menteri Agama RI melalui Kanwil Kamenag Propinsi Riau beberapa waktu lalu.

‘’Ya, memang kita yang mengusulkannya melalui surat tertulis beserta sejumlah alasan mengapa Bupati Achmad dipandang layak diberikan penghargaan. Melalui Ka Kanwil kita usulkan, setelah melalui telaahan yang komprehenship oleh pihak Kanwil akhirnya diusulkan ke Menteri Agama. Mungkin karena semua kriterianya terpenuhi, akhirnya Bupati Achmad ditetapkan sebagai penerima pengharaan apresiasi pendidikan islam tahun 2012,’’ungkap Supardi.

Lebih lanjut Supardi mengungkapkan, dalam surat usulan yang disampaikan kepada Menteri Agama tersebut ada 30 alasan Bupati Achmad pantas dianugerahi penghargaan apresiasi pendidikan agama islam. Kerana pada intinya 30 alasan itu, sebagai kepala daerah, Achmad mempunyai perhatian dan kepedulian  dalam bidang peningkatan kualitas kehidupan beragama di wilayahnya,sehingga menambah motivasi dan dapat dijadikan contoh oleh kepala daerah yang lain.

Dipaparkan Supardi, tiga puluh alasan itu antara lain, Bupati Achmad membangun Masjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pengaraian yang refresentatif, menjadi kebanggaan umat Islam Rokan Hulu dan terbesar di propinsi Riau yang dapat manampung 15 ribu jamaah.

Untuk memakmurkan Masjid tersebut, Bupati Rokan Hulu sangat konsen membuat program dengan mengintruksikan seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Rokan Hulu agar Sholat Dzuhur dan Ashar berjamaah setiap hari kerja. Hasilnya, sholat dzuhur dan ashar berjamaah diikuti antara 2.000 ribu sampai dengan 2.500 jamaah.

Memprogramkan pengajian rutin eksekutif dan masyarakat setiap sekali satu minggu dengan narasumber yang ternama. Antara lain, Dr. H. Mustafa Umar, Lc, MA,  DR. H. Mawardi M. Saleh, Lc, MA, H. Abdul Shomad, Lc, MA,  H. Nurhadi Husein, Lc, MA, H. Yurnalis dan lainnya.

Khusus pada Sholat Dzuhur berjamaah juga dihidupkan Kultum singkat yang diampaikan secara bergiliran oleh Ustadz lokal dan pejabat di lingkungan Pemkab Rokan Hulu. Menggelar event-event keagamaan pada setiap Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) dan tabligh akbar dengan penceramah/nara sumber dari Jakarta, seperti Ustadz Prof. DR. Siad Aqil Husin Al Munawar, MA,  Yusuf Mansur,  H. Arifin Ilham, Al Habsi, Otman Shihab, dan lainya.
Memberikan perhatian serius terhadap sarana ibadah seperti Surau Suluk yang menjadi icon daerah Rokan Hulu “ Negeri Seribu Suluk’. Memberikan kesejahteraan yang cukup signifikan terhadap tiga Imam Besar Masjid Islamic Centre yang merupakan Qori internasional dan Hafidz Al Qur’an sebesar  Rp 15 juta per orang per bulannya.

Memberikan Kesejahteraan kepada pengurus, Imam, Gharim Masjid se Rokan Hulu sebanyak Rp 2,5 juta per orang per tahun.

Mendukung dan mencanangkan serta merealisasikan program Maghrib Mengaji yang dicanangkan Menteri Agama RI, H. Surya Dharma Ali. Memberikan dana kesejahteraan kepada tenaga kependidikan dan guru PNS Kemenag se Rokan Hulu sebesar Rp.6 juta perorang per tahun. Memberikan dana kesejahteraan kepada semua guru madrasah dan pondok pesantren non PNS di lingkungan Kemenag Rokan Hulu sebesar Rp. 3.juta perorang pertahunnya.

Memberikan dana kesejahteraan terhadap guru PDTA/TPA se Rokan Hulu sebesar Rp 2,5 juta perorang pertahunnya. Memprogramkan “Rokan Hulu Menghafal Al Qur’an”. Khusus untuk PNS Pemkab Rohul diperintahkan menghafal Al Qur’an dengan medote satu ayat satu hari. Kemudian bagi PNS yang hafal satu Juz diberikan penghargaan berupa uang tunai Rp 5 Juta. Dan saat ini sudah ada 8 orang PNS Pemkab Rohul yang telah hafal 1 juz (Juz 1) Al Qur’an.

Memerintahkan kepada seluruh pegawai Pemkab Rohul melaksanakan puasa senin dan kamis. Melaksanakan berbuka bersama di Masjid Agung Madani Islamic Centre  Pasir Pengaraian pada puasa senin. Melaksanakan i’tikaf pada 10 hari terakhir pada bulan Ramadhan di Masjid Agung Madni Islamic Centre Pasir Pengaraian dengan melibatkan seluruh pegawai dan masyarakat setempat.

Melaksanakan dan memerintahkan pegawai Pemkab Rohul untuk melakukan i’tikaf di Masjid Agung Madani Islamic Centre Madani setiap malam sabtu akhir bulan ( sebulan sekali ). Memerintahkan kepada seluruh siswa/i di sekolah se Rohul untuk membaca Al Qur’an setiap memulai pelajaran setiap harinya.

Menganggarkan dana untuk berbuka dan sahur bersama di Masjid Agung Madani Islamic Centre selama 30 hari. Melakukan safari Ramadhan ke sejumlah Masjid se Rokan Hulu. Khusus untuk Imam shalat tarawih, Bupati Rohul mendatangkan Imam dari luar negeri. Menetapkan Masjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pengaraian sebagai Masjid Kabupaten Rokan Hulu.

Menyiapkan dana operasional sebesar Rp 3,8 M untuk biaya operasional dan kegiatan Masjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pengaraian. Mengangkat Mufti Besar Masjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pengaraian yaitu Prof. DR. H. Mawardi M. Salah, Lc, MA.

Membentuk dan menetapkan Masjid Besar/ raya kecamatan pada setiap kecamatan se-Rokan Hulu dan menetapkan biaya operasional. Sangat konsen menjaga kerukunan antar umat bergama, dengan memberikan perhatian serius terhadap Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

Meberikan perhatian serius terhadap pengelolaan zakat, serta mengalokasikan anggaran operasional Badan Amil Zakat  (BAZ) Kab. Rokan Hulu. Memberikan perhatian serius dengan mengalokasikan anggaran terhadap operasional Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Hulu dan organisasi muballigh seperti Majelis Dakwah Isalmiyah (MDI), IPHI, dan lainnya.

Dan melaksanakan pembinaan dan wirid rutin kepada ribuan jamaah Thoriqat Naqsabandiyah Kabupaten Rokan Hulu setiap bulan dengan sistem bergilir antar surau suluk.  Membudayakan busana muslim jubah  dan menjadikan pakaian resmi pegawai di Pemkab Rohul setiap hari jum’at.(rilis/dab)