Rokan Hulu (Segmennews.com)- Ratusan Pegawai Honorer dan PNS di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Rokan Hulu di lakukan tes urin di halaman kantor Bupati, Kamis (3/1/2012).

Disampaikan Wakil Bupati Rokan Hulu, Ir. H. Hafith Syukri, MM juga menjabat ketua BNK Rohul bahwa, perlunya koordinasi link sektor dalam menghadapi Penyakit Masyarakat (Pekat), perlu di tingkat, Kemenag Rohul, Organisasi Masyarakat (Ormas), Organisasi Sosial Politi (Orsopol), Lembaga Swadya Masyarakat (LSM) Organisasi Kepemudaan (OKP), para Ustadz,  Ulama, Guru Agama, Rohaniawan  dan lainnya bisa aktif untuk memberantas tuntas apapun jenis Pekat di Negeri Seribu Suluk.

Singkronisasi program, khususnya dalam penanggulangan penyebaran Narkotik Obat-obat Terlarang (Narkoba), actionnya tentu dari apartur itu sendiri, maka Pemkab Rohul, sebelumnya sudah melakukan tes urine pada pertengahan Desember tahun 2012 lalu, pada Satuan Kerja (Satker) Dinas Bina Marga dan Pengaiaran (BMP) dan Sekretariat DPRD Rohul, waktu itu terjaring sebanyak 15 orang positif mengkonsumsi narkoba.

Menindak lanjuti iktikad baik itu, maka dilaksakan lagi tes urine terhadap 30 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bagi sekitar 800 pegawai baik PNS dan Honorer targetnya mereka ikut tes itu tidak terjangkit narkoba atau negatif juga bagi pegawai lainnya tidak ada terkontaminasi karena ulah atau perbuatan secuil pegawai aktif mengkonsumsi narkoba.

Sedangkan bagi pegawai jika dinyatakan poisitif, Pemkab Rohul  komit dalam pemebrian sanksi keras, untuk PNS akan diproses sesuai Undang-undang dan peraturan pegawai status PNS, sedangkan untuk tenaga honores tidak ada toleransi langsung di pecat dengan tidak hormat.

Selain narkoba, juga pekat lainnya seperti peredaran Minuman Kerasw (Miras), Kafe Remang-remang, perjudian dan unsur pekat lainya, baik Mapolres  Rohul maupun tokoh agama, punya tanggung jawab masing-masing dalam memberantasnya, agar harapan semua lapisan masyarakat dapat terwujud, yaitu menciptakan suasan kondusif, religius, tenteram, nyaman dapat realisasikan dengan sebaik mungkin.  (dab)