Medan (Segmennews.com)– Andar Amin Harahap resmi dilantik sebagai Walikota Padangsidimpuan, Jumat (4/1/2013). Pelantikan pasangan Andar Amin Harahap dan Muhammad Isnandar Nasution sebagai Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan periode 2013-2018, dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho. Kegiatan itu berlangsung dalam rapat istimewa DPRD Padangsidimpuan di Gedung Nasional Padangsidimpuan.

“Pemerintah Kota Padangsidimpuan telah melaksanakan estafet kepemimpinan untuk lima tahun ke depan, dan tentunya banyak harapan dalam setiap proses estafet kepemimpinan tersebut. Masyarakat selalu menginginkan pembaharuan dari kandidat yang terpilih,” kata Gatot saat melantik pasangan tersebut.

Disebutkan Gatot, Kota Padangsidimpuan seperti halnya kota lain di Sumut mengalami kemajuan terutama jika dilihat dari sektor perdagangan, hotel dan restoran yang memberi kontribusi paling dominan hingga mencapai 22,82 persen terhadap PDRB, menyusul sektor jasa-jasa 19,35 persen.

Kemudian sektor pertanian 15,80 persen, pengangkutan dan komunikasi 11,91 persen, keuangan, persewaan dan jasa perusahaan 12,22 persen dan industri pengelolaan 11,78 persen. Dari besaran angka-angka tersebut, Kota Padangsidempuan dapat disebutkan sebagai kota perdagangan dan jasa.

”Hal ini harus dicermati oleh walikota dan wakil walikota yang baru, untuk dapat menyusun prioritas sektor pembangunan yang akan dikerjakan pada masa kepemimpinan lima tahun kedepan dengan tidak melupakan sektor-sektor lain,” tukas Gatot.

Pemilukada Padangsidimpuan berlangsung pada Kamis (18/10/2012). Ada enam pasangan yang ikut serta, yakni (1) Habib Nasution/Soripada Harahap, (2) Rusdi Nasution/Riswan Daulay, (3) Andar Amin Harahap/Isnandar Nasution, (4) Dedi JP Harahap/Affan Siregar, (5) Amir Mirza Hutagalung/Nurwin Nasution, dan (6) Chaidir Ritonga/Maragunung Hasibuan.

Pemilukada Padang Sidempuan juga merupakan pertarungan dua kepala daerah di Sumut. Andar merupakan putra Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Bachrum Harahap, sementara Dedi JP Harahap merupakan anak Rahudman Harahap, Walikota Medan saat ini. Kedua kepala daerah bermarga Harahap ini aktif mendukung anaknya dalam kampanye, namun ternyata Andar lebih unggul. (dtc/apc/snc)