Kepenuhan (Segmennews.com)- Pencanangan bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang di langsungkan di PT Panca Surya Agrindo (PSA) dan di buka langsung oleh Wakil Bupati Roka Hulu, Ir H Hafuth Syukri MM, Kamis (10/1/2012) berjalan sUkses.

Dalam sambutannya, Wabup menyampaikan bahwa pencanangan bulan K3 yang merupakan program rutin tiap tahun di awal Januari hingga akhir Januari hendaknya menjadi prioritas semua perusahaaan. Sebab kewajiban keselamatan dan Kesehatan kerja terhadap karyawan ini sudah menjadi kebutuhan.

Dengan menjadikan K3 sebagai kebutuhan, maka akan mampu meningkatkan produktifitas perusahaan itu sendiri dan akan berdampak pada perekonomian masyarakat. Seluruh karyawan juga harus mendapatkan jaminan Jamsostek yang telah diatur oelh undang-undang.

Disamping itu, terkait Program CSR perusahaan, Pemkab Rohul juga akan coba singkronkan RPJM tahun 2016, semua program akan disusun. Namun untuk pencapaian itu, pihak perusahaan diminta agar turut membantu melalui program CSR perusahaan dalam pembanguan fasilitas sekolah sehingga apa yang dilakukan perusahaan sejalan dengan Pemkab, maka RPJM tercapai.

Sementara itu, General Manager PT PSA, Yusuf Siregar SP menegaskan bahwa K3 telah menjadi suatu kebutuhan karyawan, menuju program pemerintahan Indonesia untuk Zero Insiden.

PT PSA Kebun Tambusai dalam menerapkan visi dan misi perusahaan telah menetapkan standarisasi dengan penerapan sertifikasi IS0 14001 dan ISO 9001 sejak tahun 2009 lalu. Dan sertifikasi Sistem Managemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) sejak tahun 2011 dan terakhir sertifikasi ISCC tahun 2012.

Perusahaan yang telah memiliki karyawan tetap sebanyak 1.127 kepala keluarga ini (di luar mitra kerja) telah dilindungi oleh Jamsostek.

“Setiap tahun pencanangan K3 ini terus kita tingkatkan demi terwujudnya cita-cita Indonesia berbudaya K3,” tegas Yusuf.

Acara pencanangan bulan K3 di hadiri juga oleh Kapolres Rokan Hulu, AKBP Yudi Kurniawan SIK Msi, Kajari Safiruddin SH, MH, seluruh kepala Dinas badan dan kantor serta jajaran PT PSA.

Secara keseluruhan, acara berlangsung meriah, di mulai dengan tari penyambutan, simulasi pemadaman kebakaran yang dilangsungkan di halaman PT PSA, dan tarian kuda kepang. (dab)