Ismaill Hamkaz

Kepenuhan (Segmennews.com)- Direktorat Jenderal (Dirjen) Pengembangan Wisata Minat Khusus dan MICE Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemen Paregraf) Achyaruddin, SE, MSc, rencananya (25/1) mendatang akan hadir dalam kegiatan Maulid Tuan Guru Syekh Abdul Wahab Rokan Al-Kholidi An-Naqsabadiyah di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), ini sesuai surat panitia pelaksana Nomor: Panpel-AT/I/2013.

Keterangan ini disampaikan Ketua Panitia Maulid Ismail Hamkaz, SA g, M.Si di dampingi Sekretarisnya Zulkifli Mansur, S.Sos, SH, MH di ruang kerjanya, Senin (21/1), Syekh Abdul Wahab Rokan Al-Kholidi An-Naqsabandiayah, tokoh ilmu tasauf itu, namanmya sudah tidak asing lagi bagi para sufistik di mata internasional, khususnya dalam konteks ajaran ilmu tasauf atau toriqot.

“Kegiatan tersebut menyongsong kegaitan Haul Maulid Syehk Abdul Wahab Rokan se Asia Tenggara tahun 2014 mendatang,” sebut Ismail.

“Kegiatan berupa seminar pengupasan ketokohan Syekh Abdul Wahab Rokan sebagai tokoh ilmu tasauf, juga sebagai pahlawan bangsa, mestinya Pemerintah Republik Indonesia menobatkan dirinya sebagai Pahlawan Nasional,” ujarnya Ismail dan Zulkifli

Ditambahkan Ismail juga Anggota DPRD Rohul dari Fraksi Partai Hanura ini, selain dalam konteks pengembangan dakwah islamiyah, juga bernilai pengungkapan nilai sejarah, karena mereka sudah berjasa dalam pengembangan dakwah ke islaman, memang tidak hanya di wilayah Indonesia tapi juga di Asia tenggara, makanya tahun 2014, mendatang 11  Negara akan hadir di Rohul untuk kegiatan ini, antara lain Malasiaya, Singapura, Brunai Darussalam dan lainnya.

Ditempat berbeda, Kepala Dinas Kebuadayaan dan Pariwisata (Budpar) Rohul Yurikawati, kegiatan ini nilai sangat positif selain pengembangan dakwah ke islaman, juga sebagai pengembangan wisata religius.

“Kita tetap memberikan dukungan, agar kegiatan itu dapat berjalan dengan sakses,” ujarnya.

Dilain waktu Bupati Rohul, juga menyatakan Rohul dengan filosofi Negeri Seribu Suluk, tentunya daerah ini sangat berpotensi sebagai barometer pengembangan  ajaran ilmu tasauf atau suluk, tidak hanya di Provinsi Riau, Indonesia bahkan se Asia Tenggara.

“Jadi program keagamaan itu harus terus ditingkatkan, sehingga identitas Rohul sebagai daerah spritual religus dan peningakatan keagaman dapat di tingkat, khususnya tahun 2013 ini,”sebutanya usai kegaitan wirit atau pengajian akbar di Surau Suluk Syekh Ibrahim belum lama ini. (gib)