Drs H Ahmad Supardi hasibuan MA

Rokan Hulu (Segmennews.com)- Kantor Kementerian Agama dan Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Rokan Hulu, Selasa (22/1) pagi menggelar rapat evaluasi dan rencana kerja BAZ tahun 2013. Dalam evaluasi tersebut pada tahun 2012 lalu pengumpulan zakat mencapai Rp 2.635.629.449.

Seperti dipaparkan Ketua BAZ Rokan Hulu, Ir.H. Sam Rikardo,M.Si, jumlah pengumpulan tahun 2012 tersebut mengalami peningkatan dari Rp 2,M yang ditargetkan. Kendati demikian untuk tahun 2013 nanti BAZ akan terus berupaya memaksimalkan dan meningkatkan dengan menargetkan sebesar Rp 3 M.

“Tahun 2013 ini kita targetkan pengumpulan sebesar Rp 3 M. Kita akan upayakan target itu tercapai mengingat masih cukup banyak sumber penerimaan yang belum dimaksimalkan,” ungkap Sam Rikardo pada rapat yang di gelar di Kantor BAZ Rokan Hulu jalan Tuanku Tambusai tersebut.

Lebih lanjut Sam mengungkapkan, sejumlah sumber penerimaan yang menjadi sasaran BAZ 2013 nanti antara lain ada sekitar 60 persen Muzakki PNS yang belum tarik zakatnya, dan cukup banyak muzakki perorangan yang masih menyalurkan zakatnya secara pribadi.

“Ditahun 2013, kita akan kejar ini,” tuturnya.

Selain itu dalam rapat yang dihadiri Kakankemenag Rokan Hulu selaku dewan pembina BAZ, Drs.H.Ahmad Supardi Hasibuan,MA juga membahas tentang rencana kerja dan penyaluran zakat kepada Mustahiq pada tahun 2013 nanti. Kata Sam, rencana kerja itu nantinya akan menjadi acuan BAZ dalam melaksanakan tugas ditahun 2013 nanti.

Terkait soal penyaluran di 2013 nanti, menurut Sam Rikardo tidak akan jauh beda dengan tahun 2012 lalu.”Penyaluran tetap mengacu kepada ketentuan yakni berdasarkan asnaf delapan, dengan membagi dua bentuk bantuan yakni konsumtif dan produktif,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Rokan Hulu, Drs.H.Ahmad Supardi Hasibuan,MA mengungkapkan apresiasinya terhadap kinerja BAZ yang cukup maksimal di tahun 2012.

“Kita patut berikan apresiasi terhadap pengurus BAZ, yang setiap tahunnya terus meningkatkan jumlah pengumpulan,” ujarnya.

Diungkapkannya, berdasrkan informasi dan data yang diterimanya, dibandingkan BAZ kabupaten kota lainnya se provinsi Riau, BAZ Rohul masih tetap yang terbaik baik dalam jumlah pengumpulan maupun pendistribusiannya.

Terkait target pengumpulan 2013 yang mencapai Rp 3 M tersebut, menurut Supardi hal tersebut dinilai cukup logis dan realistis mengingat masih cukup banyaknya sumber sumber penerimaan yang belum termaksimalkan.

Selain sumber-sumber yang diungkapkan ketua BAZ, masalah pengumpulan zakat di UPZ seperti di Masjid Mushalla se Rokan Hulu ini, ditegaskan Supardi juga semstinya menjadi perhatian serius BAZ.

“Makanya kita minta BAZ juga mengkoordinir ini, caranya BAZ cukup mengeluarkan SK terhadap UPZ di Masjid dan Mushalla se Rohul tersebut, sedangkan untuk pengumpulan dan pendistribusiannya langsung diberikan kewenangan kepada UPZ tersebut, BAZ cukup menerima laporannya saja,” pungkasnya.(rilis)