Rokan Hulu (Segmennews.com)- Penduduk Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) hingga tahun 2013 semakin Hitrogen. Pasalnya, seluruh umat beragama telah ada di Rokan ulu dan hidup berdampingan tanpa ada benturan-benturan yang berarti.

Semakin Hidrogennya penduduk di Kabupaten Rokan hulu tak lepas berkat kegigihan dan kerja keras pemimpin Kabupaten Rokan Hulu yang telah menjabat dua periode ini yakni, Bupati Rohul Drs.H.Achmad Msi. Hal itu juga diakui oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Rohul, Drs.Yusmar Msi, Selasa (20/1/2013).

Diungkapkan Yusmar bahwa saat ini data Server penduduk kabupaten Rokan Hulu saat ini yakni, penduduk beragama Islam ada sebanyak 84,64 persen, Kristen sebanyak 13,97 persen, Katolik sebanyak 1,32 persen, Sedangkan Hindu, Budha, ocu dan aliran kepercayaan sebanyak 0,07 persen yang tersebar di seluruh Kecamatan.

Begitu juga dengan berbagai suku telah ada dan hidup berdampingan dengan tenteram di Kabupaten Rokan Hulu. sampai Yusmar, dari banyaknya Suku dan Agama di Kabupaten Rokan Hulu hingga saat ini belum pernah terjadi benturan yang berarti antara satu sama lain.
         
Salah satu Strategi yang dilakukan oleh Bupati Rohul untuk menyatukan persepsi antar umat beragama dengan membentuk Forum Komunikasi Antar Umat Beragama (FKUB) yang anggota terdiri dari berbagai penganut Agama, sesuai dengan jumlah Agama yang ada di Rohul.

Anggota Forum yang diambil dari masing perwakilan Agama tersebut bertugas untuk menetralisir permasalahan-permasalahan yang akan terjadi dengan Umatnya masing-masing, dengan bermusyawarah mufakat sehingga antara penganut Agama yang satu dengan yang lain tidak berbenturan.

Kemudian juga terkait dengan suku-suku yang ada, Bupati memberikan kesempatan kepada masing-masing suku untuk membentuk Organisasi Kemasyarakatan,sepeti Suku jawa ada Ikatan jawa Rohul (IKJR) Minang dengan Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR), suku batak Ikatan Keluarga batak Rohul(IKBR) dan lainnya.

“Dengan adanya Forum kerukunan Umat Bergama dan Oreganisasi ke Masyarakatan tersebut warga Kabupaten Rohul terkoordinir dan mempu bersatu untuk membangun Kabupaten Rohul,” katanya.

Yusmar Juga mengatakan, dengan kesolitan seluruh Suku dan Penganut Agama di Kabupaten Rokan Hulu membuat Kabupaten seribu Suluk itu semakin maju dan berkembang, untuk menjadi satu kesatuan yang kokoh dan tidak akan tergoyahkan oleh kelompok manapun.

“Hingga saat ini kerjasama dari berbagai Suku dan ras di Rohul semakin Solid, dan Bupati tetap berupaya bagaimana tidak terjadi perselisihan antara Umat Bergama di Rohul ini,” katanya. (adv)