Pekanbaru (Segmennews.com)- Akhirnya Walikota Pekanbaru Firdaus MT, mengambil sikap tegas terhadap Pedagang Kaki Lima (PKL) di Pekanbaru. Keseriusan ini di tunjukkan Walikota di ruang rapatnya Selasa (22/1) dengan membentuk tim Yustisi. Tim yang terdiri dari Muspida TNI, Arhanud, POM, Kodim yang beranggotakan ratusan orang.

“Kita telah membentuk tim Yustisi hari ini untuk menertipkan dan pembinaan  PKL bukan penggusuran,” ujar Firdaus.

Kata Firdaus, rapat yang di gelar untuk mempersiapkan dan pembagian tugas dalam penertipan minggu depan. “Persiapan ini di gelar agar tidak ada jatuh korban jika PKL bertindak anarkis,” tandasnya.

Sebelum turun  sepekan ini tim akan  melakukan sosiaslisasi penertipan PKL melalui spanduk, brosur dan himbauan. “Seminggu ini diberi waktu untuk persuasif. Kalau tidak mau  juga ditertibkan kita akan tertibkan dan angkut semua lapak PKL,” ulasnya.

Menurutnya untuk tahap awal tim yustisi akan menertipkan PKL Pasar Senggol dan Pasar Puja Sera. Kedua lokasi ini akan ditertibkan untuk dijadikan lokasi PKL.

“Pujasera akan kita kosongkan dari PKL dan kita ambil alih pengelolaannya. Setelah di tertipkan lokasi ini akan kita tata ulang dan kita gunakan  untuk  menampung PKL,” ulasnya sembari mengimbau para PKL untuk pindah sendiri karena tempat masih tersedia. (ur/den)