Bupati Siak, H Syamsuar menandatangani prasasti

Siak (Segmennews.com)- Peresmian gedung baru Kantor Polsek Sungai Mandau, ditandai dengan penandatanganan prasasti, dan pembukaan selubung papan nama di Halaman Mapolsek Sungai Mandau serta penyerahan bantuan hibah Pemerintah Kabupaten Siak berupa 1 unit mobil dinas Polsek Sungai Mandau dari Bupati Siak kepada Kapolres Siak, Rabu (23/1/2013).

Pembangunan Polsek Sungai Mandau ini menelan dana APBN sebesar 575.626.000 rupiah tipe bangunan 170 1 unit yang pelaksanaannya dikerjakan dari tanggal 12 Juni 2012 selesai tanggal 15 Desember 2012. Sedangkan untuk pembangunan rumah dinas Polsek Sungai Mandau dengan tipe 54 1 unit 2 KK dan  tipe 38 4 KK sebesar 671.405.000,- rupiah juga menggunakan dana APBN.

Bupati Siak H Syamsuar menjelaskan, dengan dibangunnya Kantor Polsek Sungai Mandau ini dapat membantu kelancaran tugas kepolisian dengan baik, dan kepada masyarakat saya menghimbau agar memberikan dukungan penuh untuk berpartisipasi dalam rangka membantu tugas-tugas polisi dalam mengamankan wilayah Sungai Mandau ini.

Lebih lanjut Bupati Siak mengatakan, Pemerintah kabupaten Siak mendukung penuh tugas-tugas pihak kepolisan, untuk tahun ini telah menganggarkan pembangunan kantor Polsek Sabak Auh, Kantor Polsek Koto Gasib dan Kantor Satpol Air melalui dana APBD Kabupaten Siak Tahun 2013.

Selain itu, Bupati juga mengharapkan agar polisi dan masyarakat selalu mewujudkan kerjasama yang konsisten dan berkesinambungan. Hal tersebut dikarenakan terwujudnya kerjasama merupakan tolak ukur dari keberhasilan organisasi Polri pada lini terdepan yaitu Polsek dalam membina masyarakat untuk menciptakan rasa aman di lingkungannya.

“Suasana aman dan keramah tamahan dari masyarkat dan aparat pemerintahan adalah salah satu daya tarik untuk menarik investor lokal maupun asing untuk berinvestasi di daerah kita ini, untuk itu mari kita jaga apa yang sudah kita benah ini bersama-sama,” ujar Bupati.

Kapolres Siak AKBP Sugeng Putut Wicaksono, SIK, mengatakan, pembangunan Mapolsek Sungai Mandau ini telah kita perjuangkan sejak dari 3 tahun yang lalu. “Pada awal tahun 2012 yang lalu akan kita bangun tetapi masih ada kendala karena lahan yang akan kita gunakan ternyata adalah milik perusahaan. Kurang lebih seminggu setelah saya berbicara dengan pak camat dan pak Bupati, akhirnya pemerintah daerah kabupaten Siak menghibahkan lahan seluas 1 hektar dan pada akhirya hari ini dapat kita resmikan,” kata Kapolsek.

Ia berharap agar fasilitas ini dapat menjadi salah satu media koordinasi dan komunikasi antara Polri dengan Pemerintah serta masyarakat, dalam menciptakan rasa aman yang kondusif, pengayoman serta pelayanan kepada masyarakat, dan juga dapat mengimplementasikan komitmen Polri dalam kesiapan dalam melaksanakan tugas sesuai dengan konsep dan  tindakan nyata yang terarah.

“Fasilitas yang sudah ada ini dapat dijaga dan dipelihara dengan baik agar dapat memperpanjang usai pakai dari bangunan itu sendiri,” katanya.

Hadir pada kesempatan tersebut Kajari Siak Zainul Arifin, Sekda Kab Siak H. Amzar, seluruh Kapolsek se Kabupaten Siak, Camat Sungai Mandau Irwan Kurniawan dan camat Sungai Mandau, Kepala Desa dan tokoh masyarakat kecamatan Sungai Mandau. (rls)