Pelalawan (Segmennews.com)- Pemerintah Kabupaten Pelalawan terus mengoptimalkan potensi pariwisata gelombang “Bono” di Teluk Meranti agar bisa terus menarik bagi para turis.

“Sebab, dengan fasilitas yang belum sempurna saja masih ada turis yang mau datang,” kata Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pemkab Pelalawan, Zulkifli, kepada wartawan di Pekanbaru, Rabu 23 Januari 2013.

Gelombang Bono mulai dikenal secara internasional sebagai ombak di sungai (tidal bore) terpanjang dan terbaik di dunia. Fenomena alam ini terjadi karena pertemuan arus di Sungai Kampar, tepatnya di Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan.

Ia mengatakan, dalam waktu dekat sejumlah peselancar asing juga akan menjajak gelombang Bono pada bulan Februari. Kedatangan para peselancar asing itu akan menjadi perhatian dunia sebab, seorang peselancar dari Inggris, Steve King, akan mencoba memecahkan rekor dunia (Guinness World Records) berselancar paling panjang dan terlama di “tidal bore”.

Zulkifli mengatakan pemerintah daerah sangat menyambut baik kedatangan para peselancar ini. Ia mengatakan pihaknya akan mencoba mengemas acara penyambutan untuk membuat para peselancar itu terkesan dengan kedatangan ke Pelalawan.

“Harapannya mereka bisa datang lagi, minimal mempromosikan pariwisata Pelalawan ke mancanegara,” katanya.

Menurut dia, pemerintah daerah akan menggelar pesta penyambutan di Pangkalan Kerinci, ibukota Kabupaten Pelalawan, sebelum para peselancar bertolak ke Teluk Meranti.

“Paling tidak ada penyambutan dari kita Pemda Pelalawan untuk mereka, selain itu kita bisa berdiskusi mencari masukan untuk pengembangan pariwisata gelombang Bono dengan mereka,” ujarnya.

Direncanakan, Steve King bersama peselancar internasional lainnya akan mencoba memecahkan rekor dunia di ombak Bono pada tanggal 9 hingga 14 Februari 2013. Steve King dikabarkan akan ditemani oleh dua orang temannya yang juga berasal dari Inggris, yakni Steve Holmes dan Nathan Maurice.

Sebelumnya, Steve King pada 2006 telah berhasil memecahkan rekor untuk berselancar di atas gelombang sungai tepatnya di Sungai Severn Bore, Inggris.(Adv/ant)