kemenSiak (SegmenNews.com) – Selepas Acara Sosialiasi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kemenag Siak melalui Seksi Pendis menggelar rapat koordinasi (rakor) Pendidikan Islam (pendis) se Kabupaten Siak. Bertempat ditempat yang sama pada pelaksanaan Sosialiasi PMB UIN Suska di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Siak Komplek Perkantoran Sei Betung Kelurahan Kampung Rempak, Siak Sri Indrapura.

Rapat Koordinasi dimulai dengan pemaparan oleh Kepala Seksi Pendis Kantor Kementerian Agama Kabupaten Siak Drs. H. Muharom. Beliau mengungkapkan bahwa Seksi Pendis merupakan seksi yang diberi tanggungjawab besar dalam bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan khususnya Pendidikan Agama Islam yang sebelumnya pada SOTK lama Pendidikan Pondok Pesantren dan TPQserta Majelis Taklim dibawah Seksi Pontren dan Penamas untuk SOTK Kantor Kementerian Agama Kabupaten Siak yang baru dilebur kedalam seksi Mapenda selanjutnya disebut Seksi Pendis, ada empat bidang pendidikan di bawah lingkup Seksi Pendis Kemenag Siak Antara lain pendidikan madrasah, seperti RA, MTs, MA, pendidikan agama di sekolah, pendidikan keagamaan seperti pondok pesantren dan pendidikan di masyarakat misalnya TPQ dan majelis taqlim.

Rakor Pendis ini dilakukan agar para penanggungjawab pendidikan Agama dan Keagamaan di masing-masing Satker, Unit Kerja, Sekolah, Madrasah, dan diingkungan KUA Kecamatan dapat mengetahui dengan jelas fungsi dan tugas masing-masing lingkup pendidikan. Peran serta KepalaKUA juga diharapkan selaku Ujung tombak perwakilan Kementerian Agama di Kecamatan untuk dapat membina kegiatan pendidikan Agama dan Keagamaan khususnya Kegiatan Pendidikan Agama Islam ditempat masing-masing,” imbuh Drs. H. Muharom. Pada kesempatan yang sama beliau menambahkan tujuan dari rakor Pendis ini untuk meningkatkan kemampuan serta mewujudkan pelayanan yang berkualitas pada bidang pendidikan agama Islam khususnya di Kabupaten Siak. Kegiatan ini diikuti peserta yang sama dengan Sosialisasi PMB UIN Suska Riau 80 orang yang terdiri dari Pengawas PAI dan Madrasah, Kepala MA, MTs, MI, Kepala KUA se Kabupaten Siak.

Dengan penuh antusias Peserta yang hadir tidak ada yang beranjak dari tempat duduk mendengar pemaparan dari Kasi Pendis Kemenag Siak walaupun cuaca yang panas dan tempat duduk yang memblundak hingga keluar aula. M. Bahir Abd Basit S.Ag Kepala KUA Kerinci Kanan mengatakan Rapat Koordinasi ini memperjelas fungsi Kita dilapangan dalam membina dan ikut mengawasi pelaksanaan Pendidikan Agama dan Keagamaan di Kecamatan sehingga KUA tidak hanya mengetahui saja Pendirian suatu lembaga Pendidikan Agama dan Kegamaan di Kecamatan, tetapi Kepala KUA ikut berperan meningkatkan kualitas pendidikan agama dan pendidikan keagamaan yang menjadi Visi dan Misi Kementerian Kita, tutup beliau mengakhiri Pembicaraan dengan Humas kemenag Siak.(adv)