Rokan Hulu (Segmennews.com)- Guna menjahterakan masyarakat di Kabupaten Rokan Hulu hingga ke pelosok Desa Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (Kadis PPKB) Kabupaten Rokan Hulu terus mengupayakan memberikan pengarahan demi terwujudnya keluarga sejahtera III Plus.

Namun untuk mencapai tujuan itu, BPPKB Rohul memberdayakan kader proaktif hingga ke pelosok desa, sehingga bisa meminimalisir keluarga Pra Sejahtera menuju keluarga sejahtera III Plus. Tentunya dengan menyiapkan berbagai point-point penting dalam konteks pembinaan masyarakat.

“Kita berusaha melatih masyarakat dalam menentukan pola hidup dalam rumah tangga. Baik dalam mengasuh anak-anak dan menumbuhkan rasa kasih sayang yang benar kepada anak hingga pembiasaan membaca al-quran,” papar Kepala BPPKB Rohul, H. Yulisman di dampingi Kasubbag Program Asmar Samah, Selasa (29/1/2013).

Katanya, di tahun 2013 masyarakat juga perlu diberikan pemahaman yang benar tentang konsep reproduksi yang baik, pembinaan balita melalui Bina Keluarga Balita (BKB) untuk mencerdaskan balita.

Untuk memberikan pembinaan hingga ke Desa BPPKB memberdayakan Pembantu Pembina Keluarga Berenca Desa (BPPKBD) sebanyak 154 orang, Bina Keluarga Balita (BKB) 132 Kader, Kader Bina Kelurag Lansia (BKL) 132, Bina Keluraga  Remaja (BKR) 153 tiap desa.

“Berbagai strategi dilakukan kepada masyarakat. nah mereka inilah yang bekerja di lapangan, agar lebih mengetahui konsep pendidikan dalam keluarga,” ujarnya.

Dari data BPPKB Rohul, di Tahun 2012 lalu keluarga Pra Sejahtera berjumlah 13536 Kepala Keluarga (KK) (miskin dengan kategori rumahnya berlantaikan tanah dan penghasilan pas-pasan apalagi tingakat konsumsinya sangat sederahana), Keluarga Pra Sejahtera I sebanyak 21311 KK, Sejahtera II sebanyak 44112 KK, Sejahtera III sebanyak 25053, Sejahtera III Plus 5324 total keseluruhan 109339 KK. (dab)