Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA

Rokan Hulu (Segmennews.com)- Kakan Kemenag Rohul, Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, merayakan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1434 H, bersama masyarakat Tambusai Barat, bertempat di Pasar Los Tanjung Baru Desa Tambusai Barat Kec Tambusai, Senin (28/1/2013).

Hadir dalam peringatan Maulid tersebut Kades Tambusai Barat yang diwakili oleh Ketua BPD, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Alim Ulama, Cerdik Pandai, Pengurus/Imam Masjid, Tokoh Pemuda, Remaja Masjid, Kelompok Rebana, dan Umat Islam Tambusai Barat, khususnya Tanjung Baru.

Kakan Kemenag Rohul, dalam ceramahnya dengan menggunakan bahasa mandailing, menyatakan bahwa Muhammad Rasulullah SAW yang kita peringati hari lahirnya adalah manusia super luar biasa yang sangat dikagumi kawan maupun lawan.

Seorang sejarawan Inggris bernama Michael H Heart, dalam bukunya “Seratus orang yang paling berpengaruh dalam sejarah”, menempatkan Muhammad sebagai orang paling berpengaruh dalam sejarah umat manusia, tegasnya.

Ahmad Supardi Hasibuan mengungkapkan, bahwa ada 5 kunci keberhasilan Muhammad sehingga mampu mengukir sejarah gemilang. Pertama, Muhammad adalah seorang pekerja keras, tak mengenal lelah, dan bersifat ikhlas.

Kedua, Muhammad adalah orang yang paling dekat dengan Sang Pencipta. Hal ini dibuktikan dengan kegiatan tahannuts, sebuah ritual mengasingkan diri ke suatu tempat untuk mendekatkan diri kepada Tuhan, yang selalu dilakukannya.

Ketiga, menjalin hubungan kasih sayang dengan orang lain. Kelak kawan-kawan silaturrahimnya inilah, orang-orang pertama yang memeluk agama Islam.

Keempat, Muhammad dikenal sebagai orang yang suka menolong orang lain. Bantuan diberikannya secara ikhlas. Jika Muhammad tidak punya makanan atau barang untuk membantu orang lain, maka dia akan meminta bantuan sahabatnya.

Kelima, Muhammad adalah seorang pemaaf sejati. Baanyak kisah diriwayatkan betapa pemaafnya Muhammad, sehingga sifatnya ini, justru menjadi daya tarik tersendiri untuk orang lain memeluk agama yang dibawanya. (rls/dab)