Kondisi Jembatan mengkhawatirkan

Kepenuhan (Segmennews.com)- Kondisi jembatan Sei Kuning di kelurahan Kepenuhan Tengah, Kecamatan Kepenuhan semakin parah dan berlubang. Begoitu juga jembatan batang Sosa Desa Pekan Tebih, Kecamatan Kepenuhan Hulu yang hampir rubuh.

Ditakutkan akan membahayakan pengguna jembatan yang lewat. Oleh itu, direncanakan besok, Kamis (31/1/2013) pihak DPRD Rokan Hulu Komisi III akan menemui Dinas PU Provinsi Riau.

Lurah Kepenuhan Tengah, H Basri Bakhtiar, Rabu (30/1/2013) bahwa kondisi jembatan yang panjangnya 30 meter ini sudah kian memprihatinkan, hal itu sudah berlangsung sejak alam, namun hingga saat ini belum ada tanggapan dari Provinsi Riau.

“Jembatan sudah rusak sejak tahun 2009 silam, Kita sudah menyampaikannya kepada Dinas PU Provinsi, tapi belum ada tanggapan yang serius dari mereka,” katanya.
 
Walau demikian masyarakat setempat sudah beberapa ali melakukan penimbunan secara swadaya. Namun hal itu tidak bertahan lama, jalan tetap saja berlubang, bahkan ian dalam.

Kepala Desa Pean Tebih, Rudi juga menyampaikan kondisi jembatan diDesanya, bahwa jembatan batang sosa sudah sangat menghawatirkan, pondasi jembatan banyak yang berlubang,  sehingga jika ada endaraan yang lewat jembatan tersebut akan bergoyang.

“Kondisi bawah jembatan sudah berlubang dan tidak kuat, hal itu diakibatkan erosinya air sungai. Kita harapkan ada perhatian dari Provinsi jangan ditunggu ada korban jiwa nantinya,” harapnya.

Menyikapi hal itu, anggota DPRD Rokan Hulu Komisi III, Ismail Hamkaz, berjanji akan menyampaikannya kepada dinas PU Provinsi, jika perlu dirinya akan membawa surat dan buti autentik kondisi jembatan kepada pihak Provinsi.   

“Kita sudah melihat langsung kondisi jembatan di lapangan tentu akan lebih menguatkan untuk disampaikan kpd Dinas PU Provinsi Riau, jangan menunggu ada korban jiwa. Kita minta juag Dinas PU Riau agar memonitoring ke lapangan,” tegas Ismail. (dab)