Siak (Segmennews.com)- Ratusan pelajar SMA sederajat, Rabu (30/1/13) menggelar ikrar pelopor keselamatan berlalulintas di Mapolres Siak.

Aksi Berbentuk apel untuk berikrar dengan Komandan satuannya dari Satuan Polisi Lalulintas (Satpolantas) Polres Siak AKP Syafril, sementara Inspektur upacaranya Kapolres Siak AKBP S.Putut Wicaksono. Selain itu dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Siak Alfedri, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Irfanuddin, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Zainul Arifin.

Peserta yang ikut dalam apel tersebut terdiri dari pelajar setingkat dengan SMA sederajat yakni berjumlah dari 14 Sekolah yang setingkat SMA dan yang hadir dari 14 sekolah yang ikut hadir hanya 11 sekolah.

Kapolres Siak AKBP Sugeng Putu Wicaksono dalam arahan nya mengatakan, angka kecelakaan Lalu Lintas saat ini menjelma menjadi fenomena yang menakutkan. Hal itu terlihat dari angka kecelakaan yang demikian tinggi di indonesia termasuk di wilayah Kabupaten Siak.

“Hal ini menjadi Dasar di laksanakan gerakan pelopor keselamatan berlalu lintas, dimana gerakan pelopor ini di harapkan menjadi gerakan besar untuk dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas dan akhirnya dapat meningkatkan angka keselamatan di jalan,” terang Kapolres.

Selain itu diungkapkan Kapolres  dari hasil analisa dan evaluasi satuan lalu lintas Polres Siak tahun 2012, kecelakaan lalu lintas yang terjadi sebanyak 268 kasus dengan korban meninggal dunia 83 orang,Luka berat 247 orang,luka ringan 181 orang. Kemudian yang melibatkan para pelajar cukup tinggi yaitu tercatat dalam data kami sebanyak 25 kasus dengan korban meninggal dunia 31 orang luka berat 29 orang dan luka ringan 23 orang.

“Tentu sangat mengkawatirkan kita semua yang mana para pelajar sebagai generasi penerus bangsa harus mengalami nasib tragis di jalan raya dengan akibatnya meninggal dunia,luka berat bahkan mengalami cacat seumur hidup,” ujar Kapolres.

Setelah itu, Wabup Siak Alfedri, Kajari Siak,Ketua PN serta para undangan yang hadir memubuhkan tanda tangan di baliho pelopor keselamatan berlalu lintas ,di ikuti para guru dan pelajar. (rinto)