Drs H Aahmad Supardi Hsb MA

Rokan Hulu (Segmennews.com)- Masjid merupakan lokasi atau tempat strategis untuk melakukan pembinaan ummat Islam. Selain tempat sholat, mesjid semestinya juga bisa dijadikan sebagai sentra dakwah dan pendidikan keagamaan dan ekonomi umat Islam atau yang disebut dengan konsep Masjid Paripurna. Untuk menciptakan itu, peningkatan mutu manajemen mesjid sesuatu hal yang sangat dibutuhkan.

Demikian diungkapkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu, Drs.H Ahmad Supardi Hasibuan,MA dalam sambutan dan pengarahannya di depan para Mublliq peserta Orientasi Peningkatan Mutu Manajemen Masjid yang ditaja Majelis Dakwah Islamiyah (MDI) Provinsi Riau di Hotel gelora Bhakti Pasir Pengaraian, Selasa (29/1/2013).

Lebih lanjut diakui Supardi, mutu manajemen kebanyakan masjid saat ini dinilai masih sangat kurang.”Kita akui memang kebanyakan masjid di sekitar kita hanya difungsikan untuk ibadah sholat saja, sedangkan fungsi lainnya belum secara  maksimal dilaksnakan, hal itu disebabkan masih kurangnya mutu manajemen yang dimiliki pengelolanya,”tuturnya.

Selain peningkatakan mutu manajemen pengelola, Kakankemenag juga menegaskan yang juga perlu bahkan sangat penting untuk diperhatikan kesejahteraan pengelola masjid itu sendiri. Karena bagaimanapun, peningkatakan mutu tersebut sangat erat kaitannya dengan tingkat kesejahteraan pengelola mesjid itu sendiri.

”Bagaimana bisa meningkatkan mutu, sementara tingkat kesejahteraan pengelola masjidnya tidak diperhatikan,” ujarnya.

Sementara itu terkait kegiatan orientasi peningkatakan mutu manajemen masjid yang ditaja MDI Provinsi Riau terhadap muballig di Rokan Hulu, Supardi menilai ini merupakan kegiatan yang bernilai positif dalam rangka memberikan pencerahan terhadap para muballiq.

Sehingga, diharapkan para muballiq ini bisa menyampaikannya dalam dakwah kepada masyarakat.

Untuk diketahui orientasi peningkatakan mutu manajemen masjid ditaja MDI Provinsi Riau dengan menggunakan anggaran 2012.

Kegiatan yang dilangsungkan selama sehari dan diikuti puluhan muballiq se Rokan Hulu itu mendatangkan penceramah, antara lain, DR.H.Abdul Razak selaku ketua MDI Provinsi Riau,H Yusri Yun dan lainnya.(rls/dab)