Bupati Siak, Drs H Syamsuar Msi
Bupati Siak, Drs H Syamsuar Msi

Perawang (SegmenNews.com)– Pemerintah Kabupaten Siak Menyusun Draf Kesepakatan dengan Kanwil Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Riau guna mempercepat proses pembangunan MAN Ikhsan Cendia yang akan dibangun di wilayah Kecamatan Tualang, Senin (4/1) di ruang rapat Kantor Camat Tualang.

Pembahasan dilakukan langsung oleh Bupati Siak Drs Syamsuar berserta jajajarnya dengan Kepala Kantor Kementerian Propinsi Riau Tarmizi Tohor, dan Camat Tualang Zulkifli. Sebelumnya, Bupati dan Kepala Kanwil Kemenag Riau meninjau lokasi rencana pembangunan sekolah tersebut.

“Ini menindak lanjuti pertemua sebelumnya. Kita mengusulkan draf perjanjian antara Pemkab dan Kanwil Depag Riau terkait pembangunan MAN Ikhsan Cendikia segera ditandatangani. Selanjutnya dibawa ke Dirjen Dirjen pusat,”ungkap Bupati

Bupati Siak menyampaikan. Pemkab Siak telah menyediakan lahan pembangunan sekolah tersebut. Sertifikasi lahan sedang diurus di BPN Siak tinggal menunggu selesai. Sementara tekait proses hibah pemda akan mengajukan surat ke DPRD Siak diminta persetujuan.

“Masih perlu pendalaman antara eksekutif dan legislatif terkait hibah lahan. Kami suadah sepakat membahas didampingi staf kementerian yang berkenaan dengan hibah dan pengapusan ase,”kata Syamsuar

Namun sembari proses hibah berjalan Bupati Siak berharap proses pembangunan berjalan. termasuk pengadaan meubiler telah dialokasikan pada APBD Siak tahun 2013. Hal ini sesuai dengan pembicaraan dengan Dirjen, MAN tersebut menjadi tanggung jawab kementerian dan Pemda. “Untuk itu antara Pemda dan Kanwil harus singkronisasi,”katanya

Bupati Siak menyebutkan, berdasarkan anggaran DPA Kemenag Riau, diperkirakan pembangunan MAN Ikhsan Cendikia selesai 70 persen tahun 2013. Dengan demikian, tahun ajaran baru 2014 sekolah ini bisa menerima murid. “Pemda juga siap melengkapi fasilitas penunjang sekolah seperti ketersedian air bersih, listrik dan pagar pengamanan sekolah,”tambahnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Rau Tarmizi memberikan aprsiasi terhadap keseriuasan Pemkab Siak untuk membantu pembangunan MAN Ikhsan Cendikia. Kemenag Riau menjadwalkan tender proyek pembangunan gedung sekolah pada bulan Maret. Dana Pembangunan MAN Ikhsan Cendekia melalui DPA Kanwil Kemenag Propinsi Riau 2013 sebesar Rp 8.957.640.000

Kakanwil menerangkan untuk berdkirinya MAN Ikhsan cendikia, beberapa persayaratan harus dielngkapi. Diantaranya, menyediakan lahan siap bangun seluas 10 Ha. Lahan tersebut dialihkan hak atas tanah kepada kementerian agama dalam bentuk sertifikat. Pemda juga turut memberikan bantuan operasional madrasah sesuai kemampuan pemerintah daerah.

Disampaikanya, tujuan pendirian MAN Ikhsan cendika mengembangan pendidikan madrasah unggul dalam bidang sains dan teknologi yang memiliki kecerdasan intelektual, emosilnal, spritual dan sosial. Mewujudkan madrasah unggul, bermutu dan berdaya saing global. memperluas akses seluas-luasnya bagi masyarakat untuk memperoleh pendidikan dengan biaya terjangkau serta beasiswa bagi masyarakat tidak mampu. (rin)