Drs Achmad Supardi Hsb MA

Setidaknya ada 15 keunggulan bagi umat Islam Rokan Hulu  yang hartanya telah mencukupi nishab dan haul, membayarkan zakatnya melalui Badan Amil Zakat (BAZ) Rohul, sehingga zakat tersebut tepat sasaran, bermanfaat bagi mustahiq dan dapat mengentaskan fakir miskin dari kemiskinan.

Demikian disampaikan Kakan Kemenag Rohul, Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, saat berbincang-bincang dengan Segmennews.com di kantornya Jalan Ikhlas Kompleks Perkantoran Pemerintah Rohul Pasir Pengaraian, Rabu (6/2/2013).

Dikatakannya, 15 alasan keunggulan tersebut adalah : Pertama, BAZ Rohul adalah pengelola zakat atau Amil sebagaimana dimaksudkan Firman Allah dalam Alqur’an Surat At-Taubah ayat 60. Kedua, BAZ Rohul adalah pengelola zakat resmi berdasarkan UU Nomor 38 Tahun 1999 jo. UU Nomor 23 Tahun 2011 dan Perda Rohul Nomor 7 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Zakat . Ketiga, Berzakat melalui badan resmi Negara adalah sesuai dengan Sunnah Rasulullah SAW. Keempat, Berzakat melalui BAZ menjamin kepastian muzakki membayar zakat.

Kelima, pengelolaannya sesuai prinsip syari’ah. Keenam, BAZ Rohul berskala daerah dengan jaringan di seluruh Kecamatan. Ketujuh, menjamin penyaluran zakatnya sampai ke seluruh pelosok terpencil se Rohul. Kedelapan, Program penyaluran ZISnya kreatif, efektif dan memberdayakan.

Kesembilan, Penerima manfaat ZISnya tepat sasaran kepada 8 asnaf. Kesepuluh, pengurusnya adalah tokoh masyarakat, ulama, para professional dan praktisi zakat yang kredibel dan kompeten. Kesebelas, zakat yang dibayarkan menjadi pengurangan penghasilan kena pajak.

Keduabelas, muzakki dapat berpartisipasi dalam kegiatan penyaluran ZIS. Ketigabelas, Melayani konsultasi ZIS secara langsung maupun via telpon serta website. Keempatbelas, pembayaran ZIS dapat dilakukan setiap hari dan jam kerja, serta melalui bank yang telah ditunjuk.

Kelima belas, laporan realisasi penerimaan dan penyaluran serta pertanggungjawaban disampaikan secara priodik kepada Bupati Rohul, Ketua DPRD Rohul, Kakan Kemenag Rohul, dan instansi terkait.

Oleh karena itu Ahmad Supardi berharap agar umat Islam Rohul membayarkan zakatnya melalui BAZ Rohul. “Saya menghimbau umat Islam Rohul agar bersama-sama bayar zakat melalui BAZ Rohul,” tegasnya.