Kadis BMP Kab Siak, Irving Kahar Arifin
Kadis BMP Kab Siak, Irving Kahar Arifin

Siak (Segmennews.com)– Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Siak, Rabu (6/2) mengadakan pertemuan dengan beberapa perusahaan yang menggunakan jalan H. Abdullah Desa Maredan Kecamatan Tualang, Siak. untuk keperluan usaha merekam. Pertemuan tersbut bertujuan membuat kesepakatan Budjet Shering untuk membangun jalan sepanjang 6 Km tersebut.

Untuk mewujudkan pengaspalan tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak melalui Dinas Bina Marga dan Pengairan menggelar pertemuan dengan 7 perusahaan setempat, agar dapat bersama-sama melakukan pengaspalan dengan sistem buget shering. Hal ini diminta pemerintah, sebagai bentuk kontribusi Perusahaan yang menggunakan jalan tersebut pada masyarakat setempat, yakni memberikan kemudahan jalur trasportasi masyarakat.

7 perusahaan tersebut yakni PT. Arara Abadi, PT.P. Palmak, PT. Aip Aleksa, PT. Kharisma, PT. Maredan, dan PT. Markopolo, serta Pemkab Siak. Adapun yang telah menyetujui untuk melakukan pengaspalan bersama yakni Pemkab Siak mendapat jatah pengaspalan sepanjang 1,5 Km, dan PT. Arara Abadi sepanjang 2 Km. Sementara perusahaan lainnya masih melakukan rapat internal masing-masing perusahaan.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Siak Irving Kahar Arifin melalui Kabid Bina Marga Ardi Arfandi Kamis (7/2). Disampaikannya, dari hasil pertemuan tersebut baru satu perusahaan yang setuju untuk ikut membangun jalan tersebut.

“Saat ini, Baru satu Perusahaan yang setuju untuk melakukan pengaspalan bersama yakni PT. Arara Abadi akan membantu pengaspalan sepanjang 2 Km dan Pemkab Siak dengan jatah 1,5 Km. Sementara, untuk perusahaan lainnya masih menunggu hasil rapat internal mereka,” terang Ardi.

Ardi menambahkan, pengaspalan bersama tersebut karena jalan yang akan diaspal tersebut selain ada pemukiman masyarakat, jalan itu juga dilintasi armada masing-masing perusahaan seperti mobil-mobil bertonase berat.

“Kami berharap perusahaan setempat dapat melakukan pengaspalan bersama, kita ketahui pinggir jalan tersebut terdapat pemukiman masyarakat, sementara mobil berat masing-masing perusahaan juga melintas di jalan itu,” ungkap Ardi

Ditambahkan Ardi, saat ini Pemkab Siak dan PT.Arara Abadi telah setuju melakukan pengaspalan sepanjang 3,5 Km dan sisanya 2,5 Km adan di musyawarahkan oleh perusahaan-perusahaan yang lainnya.

“Saat ini, Pemkab dan PT.Arara Abadi telah setuju untuk pengaspalan tersebut, dan masih ada sisanya sepanjang 2,5 Km. Dan diharapkan enam perusahaan yang masih menunggu hasil rapat internal mereka, agar dapat membagi sisa panjang jalan yang akan diaspal tersebut,” pungkas Ardi.