bina anak siakSiak (SegmenNews.com)– Pemerintah Kabupaten Siak berkomitmen melakukan pembinaan pada anak daerah sehingga bisa meraih prestasi terutama dalam hal mempelajari Al-Quran dan pengetahuan Agama.

Hal itu disampaikan Bupati Siak Syamsuar dalam sambutannya di Pembukaan STQ Ke XIII Kecamatan Siak, Kamis (7/2) di Lapangan Parit Baru Desa Langkai Kecamatan Siak, Siak. Bupati menyampaikan, usaha membina purta daerah sudah dilakukan mulai tahun sebelumnya, bahkan beberapa waktu lalu sudah dilakukan Recruitmen ke tiap desa dan kecamatan guna menjaring anak-anak yang memiliki bakat dan kesungguhan dalam mempelajari Al-Quran, bagi yang lulus seleksi ditus untuk tugas belajar, mereka dipersiapkan untuk mengikuti lomba pada MTQ tingkat Provinsi dan Nasional.

“Mulai tahun lalu kita lakukan seperti itu, kita recrut dari kampung-kampung, sehingga kita bisa mengetahui mana anak-anak yang memiliki bakat dan prestasi. Beberapa waktu lalu kita sudah merekrut 250 orang untuk di seleksi, dan pemerintah terus memantau pembinaan yang dilakukan. Komitmen kami, akan tetap berkeinginan membina anak-anak kita sendiri supaya mereka bisa berprestasi,” ungkap Syamsuar

Bupati mengakui, generasi yang ada masih lemah dalam hal tafsir Al-Quran, untuk menutupi kekurangan tersebut, Pemda tahun ini akan mengirimkan anak daerah untuk diutus tugas belajar ke Pasantren di daerah Jawa. “Tafsir alquran tafsir di kita masih lemah, makanya tahun ini kita melakukan rekruitmen ke tiap Kecamatan, untuk dikirim ke salah satu pesantren di jawa,” Kata Bupati

Pada kesempatan tersebut Syamsuar menyampaikan bahwa, Tahun ini MTQ ditingkat Kabupaten dan Perovinsi jadwalnya dimajukan, karena di September tahun 2014 akan dilakukan pesta demokrasi yakni pemilihan Gubernur. Hal itu telah disepakati pada MTQ di Kecamatan Bengkalis kemaren tahun lalu.

Ditambahkannya, Pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten akan diselenggarakan pada bulan Maret dan bertempat di Bungaraya. “Malam tadi sudah dilakukan rapat perdana, camat Bungaraya sudah mempersentasikan kegiatan, mulai dari pawai taaruf hingga pelaksanaan MTQ,” kata Syamsuar.

Sementara Sekretaris Camat Siak OK. Muhammad Rendra menyampaikan, STQ ini bertujuan untuk seleksi Kecamatan pada kafilah yang akan diutus ke MTQ tingkat Kabupaten. Pada STQ ini memperlombakan 4 cabang yakni, tilawah, tartil, syahril, Fahmil. perlombaan dimulai pukul 8 Jumat (8/2). (rls/hum)