Muklis, mencoba mengeluarkan anak kambing dalam perut ular sawah, yang ditangkap setelah memangsa anak kambing warga Teluk Bintungan
Rokan Hulu (Segmennews.com)- Saat warga tengah sibuk mengevakuasi barang rumah tangga akibat banir yang melanda kabupaten Rokan Hulu sejak 2 hari lalu, Warga malah dikejutkan dengan munculnya seekor ular piton sepanjang 5 meter yang menelan seekor kambing.

Ular ditemukan warga Dusun Teluk Bintungan Desa Rambah Tengah Hilir Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Sabtu (16/2), sekitar pukul 10.00 Wib.

Dari keterangan pemilik kambing yang dilumat ular tersebut, Syahrial bahwa siang itu hari ditemukan ular tersebut dirinya mendengar suara mengembek kambing piaraannya dari kandang dekat rumahnya. Semula Syahrial menduga, embekan itu akibat banjir, karena kandang kambing tersebut terkena banjir.

“Pada saat saya membuka kandang dan melihat ke arah kambing kambing tersebut, terkejut karena mendapati seekor ular tengah melingkar, sedangkan bagian perutnya membesar. Setelah saya teliti, ternyata ular sawah dan anak kambing saya sudah hilang lalu menduga kambing saya sudah ditelan ular tersebut. Karena takut, lalu saya memanggil warga lainnya,” ungkap Syahrial.

Karena ular berukuran besar sebetis orang dewasa dengan panjang mencapai 5 meter, kemudian warga mencoba memanggil Muklis, juga warga tempatan, untuk menangkap ular tersebut, sebab Muklis sudah sering menangkap ular sawah, akhirnya sang ular sudah tidak bisa bergerak akibat seekor kambing telah bersarang diperutnya dengan mudah Muklis menangkap ular itu dan memasukannya dalam goni setelah bagian mulut ular terlebih dahulu di tutup dengan kain dan diikat dengan karet bekas ban dalam sepeda motor.

Ular, kemudian dibuka di rumah Muklis persis ditepi jalan dekat Pasar Boter, jadi tontonan warga sekitar dan pengguna jalan raya, kebetulan melintas di dekat daerah itu.

“Saya baru kali ini melihat seekor ular sebesar ini dan melihat langsung menelang anak kambing berada di perutnya, selama ini, bila banjir datang belum pernah ditemukan ular sebesar itu,” kata salah seorang warga yang menyaksikan.

Bahkan Muklis dibantu warga lainnya, mencoba mengeluarkan anak kambing itu dari perut ular dengan cara menguncangkan bagian tubuh ular dan bagian ekor dan perut dari atas ke bawah. (dab)