kaki gajah
Siak (SegmenNews)- Untuk mencegah penyakit Filariasis atau kaki gajah masuk di Kabupaten Siak, Senin (18/2/13) dua Puskesmas yakni, Puskesmas Tualang-Perawang dan Lubuk Dalam melakukan pengobatan kepada masyarakat di posyandu dan sekolah-sekolah selam dua hari.

Pantauan SegmeNews dilapangan tim medis dan kader posyandu Tualang-Perawang sejak pagi hari telah stanbay untuk membagi bagikan obat gratis dari pemerintah kepada masyarakat sekitarnya. Selain itu para petugas medis dibantu kader posyandu mendatangi setiap sekolah dan memberikan obat pencegahan.

“Untuk itu, masyarakat diharapkan untuk meminum obat yang diberikan sebagai salah satu langkah pencegahan penyakit yang dimaksudkan,” sampai Kepala Puskesmas Tualang-Perawang, dr.H.Muslim.

Sementara itu aksi yang sama juga terjadi di Puskesmas lubuk Dalam, pemberian obat ini merupakan program dari dinas kesehatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak dengan bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya penyakit kaki gajah pada masyarakat.

Menurut keterangan kepala puskesmas kecamatan Lubuk Dalam Drg.Srimulyati mengatakan, “Kita hari ini secara serentak memberikan obat pencegahan penyakit kaki gajah kepada seluruh masyarakat, untuk pemberian obat di fokuskan selama lima tahun dan tahun ini merupakan tahun pertama pemberian obat penyakit kaki gajah oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Siak” ujar Srimulyati.

Selain itu ditambahkannya, dalam pemberian obat anti penyakit kaki gajah pihak Puskesmas Lubuk Dalam memdistribusikan ke setiap Puskesmas Pembantu (Pustu) dan polides di masing -masing desa untuk secara serentak diberikan kepada masyarakat agar terhindar dari penyakit kaki gajah. (rinto)