ujiMempura (SegmenNews.com)– Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri MSi membuka secara resmi pelaksanaan Uji Kompetensi Siswa Siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK) 1 Mempura, Senin (18/2). Uji Kompetensi ini diikuti oleh 212 siswa-siswi dengan melibatkan 8 jurusan atau program keahlian. Direncanakan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 19 sampai dengan 21 Februari mendatang.

Dalam sambutannya, Alfedri mengharapkan para pelajar untuk dapat bersungguh-sungguh mempersiapkan diri dalam mengikuti ujian wajib bagi siswa, hal ini adalah sebagai alat ukur sejauh mana tingkat penguasaan atau kompetensi siswa dalam menguasai program keahlian masing-masing. Wakil Bupati meyakini para siswa yang akan mengikuti ujian sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin yang tentunya juga dibarengi dengan do’a. “Tidak ada keberhasilan tanpa perjuangan dan pengorbanan dan semua itu harus diiringi dengan do’a kepada sang khaliq,’ ujar nya.

Ditambahkannya, sebagai sekolah yang memiliki program kejuruan, siswa SMK dituntut untuk trampil dan memiliki kemampuan secara mandiri dan siap untuk terjun langsung kedunia kerja. Oleh karena itu lulusan SMK harus mampu bersaing sebagai tenaga kerja produktif yang selalu siap bersaing menjawab kebutuhan pasar.

Disamping itu, diungkapkan Wakil Bupati untuk menunjang sektor kepariwisataan di kabupaten Siak, pemerintah telah berencana untuk membuka Sekolah kejuruan berbasis pariwisata. “Hal ini penting untuk menjadikan Siak yang dikenal sebagai salah satu detinasi wisata dan bertujuan juga untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di kabupaten Siak,” ungkap nya.

Dalam penyelenggaraan uji kompetensi ini pihak SMK N 1 bekerjasama dengan sejumlah perusahaan dan dunia usaha di kabupaten Siak, antara lain Badan Operasi Bersama (BOB) serta PT Siak Raya Timber dan lain-lain. Tampak hadir pada kesempatan tersebut, Ketua Komisi I DPRD Siak Muhtarom, Asisten III Setda Siak Drs H Jamaludin, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Siak KAdri Yafis MPd, Camat Mempura, Kepala SMKN 1 Mempura, tokoh pendiri SMK serta para majelis guru dan seluruh siswa. (Humas)