cosmetic
Pekanbaru (SegmenNews)- Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Riau mengamankan satu pick up berisi kosmetik asal luar negeri yang diduga mengandung zat berbahaya. Produk ini beredar luas di Meranti, Riau, yang berbatasan langsung dengan Malaysia dan Singapura.

Demikian dikatakan Kasi Penyidikan BBPOM Riau, Adrizal di Pekanbaru, Jumat (22/2). Kosmetik itu umumnya merupakan produk pemutih kulit.

“Kita sudah lakukan penelitian, kosmetik tersebut mengandung bahan berbahaya. Bila digunakan bisa mengakibatkan penyakit kulit,” kata Adirizal.

Selain kosmetik, pihaknya juga menyita sejumlah produk susu asal luar negeri yang tak disertai izin edar dari pemerintah. “Yang kita sita ini baru dari satu distributor,” kata Adrizal.

Pemilik distributor barang berbahaya itu melarikan diri. BBPOM akan segera membuat laporan resmi ke Polda Riau terkait pasokan barang-barang asal luar negeri tanpa izin itu.

Sebelumnya, tim BBPOM juga menyita sejumlah produk makanan asal luar negeri sebanyak 4 truk dari Kabupaten Bengkalis. Produksi makanan tersebut juga tidak memiliki izin edar. “Wilayah Riau memang rawan akan peredaran produk makanan atau kosmetik asal luar negeri,” kata Adrizal. (hs/dtc/snc)