harrisPelalawan (SegmenNews)- Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pelalawan memberikan penghargaan zero accident terhadap 11 perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Pelalawan.

Penghargaan tersebut diserahkan Bupati Pelalawan HM Harris, Senin (25/2) pada acara Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional.

Penghargaan itu didasari dari penilaian di tahun 2012 lalu. Perusahaan yang mendapatkan penghargaan zero accident, adalah, PT Cipta Daya Sejati Luhur, di Bandar Seikijang, PT Truba Jaya Engineering, PT Inti Indosawit Subur di Ukui, PT MUP di Langgam, PT Pusaka Megah Bumi Nusantara di KM 54, PT RMP Bentu LTD Langgam.

Kemudian PT Sinar Agro Raya, di Desa Kiyap Jaya, PT SLS di Pangkalan Lesung, PT Gandaera Hendana di Ukui, PT Sarikat Putra di Pangkalan Kuras dan PT Surya Bratasena.

Bupati mengatakan, berdasarkan laporan dari International Labour Organization (ILO), suatu badan yang menangani buruh dan di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), setiap harinya ada sekitar 6.000 kasus kecelakaan kerja yang mengakibatkan korban fatal.

Sementara di Indonesia sendiri, setiap 100.000 tenaga kerja terdapat 20 orang fatal akibat kecelakaan kerja.

“Berpijak pada data itu, maka tingkat keparahan kecelakaan kerja di seluruh dunia pada umumnya dan di Indonesia pada khususnya masih cukup tinggi,” imbuhnya. (*/hs/rtc/snc)