pegawai cevron stror SPT
Pegawai Cevron bayar SPT

Pekanbaru (SegmenNews.com)- Sebanyak 5.000 wajib pajak (WP) yang bekerja di Perusahaan Chevron menyetorkan pajak orang pribadi ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pekanbaru Senapelan.

“Ngisi bareng” adalah slogan yang dipilih Kanwil DJP Riau dan Kepulauan Riau dan KPP Pratama Pekanbaru Senapelan, dalam program setoran SPT tahunan tahun pajak 2012 melalui drop box dan penggunaan efiling system di PT. Chevron Rumbai dan Minas yang dimulai tanggal 25-27 Februari 2013.

Maryaldi, Kepala Seksi KPP Pratama Pekanbaru Senapelan menyatakan pihaknya sudah lama menjalin kerjasama dengan perusaha-perusahaan besar di Riau termasuk Chevron dalam penyetoran SPT tahunan orang pribadi. “Jemput bola dengan mendatangi perusahaan dalam menyetorkan SPT tahunan orang perorangan di gelar untuk memudahkan para karyawan yang disibukkan dengan pekerjaan,” ujarnya.

Dengan adanya program ini, katanya, bisa diterima SPT tahunan WP seratus persen. Seperti Chevron, katanya, sejak tahun 1991 sudah menyetor pajak, bahkan CPI sudah berkali-kali mendapatkan penghargaan kepatuhan pajak. “Rata-rata setoran pajak perorangan Chevron Chevron diatas Rp 1 juta perbulan. Jika ditotal setoran bisa mencapai Rp 20 Miliar perbulan mencakup seluruh Riau,” ujarnya.

Bahkan, katanya, sebelum penyetoran pajak di pecah dari KPP Madya Pekanbaru, Wilayah kerja Pajak Rumbai pernah menerima pajak mencapai Rp60 Miliar. “Dengan jumlah WP Rumbai, Minas mencapai 1.200 KPP Madya Pekanbaru optimis akan mencapai target pajak sebesar Rp6 T setahun. Sementara KPP Senapelan Rp 583miliar,” tegasnya.

Muhammad Iwan, pegawai IT Provesional Chevron saat ditemui di lokasi penyerahan SPT Tahunan Rabu (27/2) mengakui.sangat bersyukur dengan di bukanya program penyerahan SPT tahunan orang pribadi ini langsung keperusahaan. Pasalnya selain lebih dekat, juga tidak perlu antre dan dapat dilakukan di sela-sela waktu kerja.

“Kemudahan lainnya juga kita tidak harus mengisi formulir di rumah cukup di lokasi dengan dibantu petugas pajak,” ujarnya.

Ia juga berharap pajak masyarakat yang sudah di kutip agar di gunakan pemerintah seoptimal mungkin untuk fasilitas pendidikan dan jalan.

Tiva Permata, manajer komunikasi PT CPI, saat di konfirmasi mengakui, Upaya ini untuk memudahkan dan meningkatkan pelayanan kepada Wajib Pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya, khususnya bagi perusahaan-perusahaan yang memperkerjakan ratusan dan bahkan ribuan karyawan, maka melalui kebijakan Kantor Pajak setempat melakukan program “Ngisi bareng SPT” dengan menempatkan drop box dan petugas-petugas pajak di areal operasi perusahaan.

Kantor Pajak, melalui program Dropbox, juga memberi kemudahan bagi karyawan sebagai Wajib Pajak untuk dapat melaporkan SPT tahunannya di tempat bekerjanya sehingga tidak harus mengantri di Kantor Pajak. Dengan ini diharapkan dengan adanya “jemput bola” ini, Wajib pajak dapat melaporkan SPT Tahunannya tanpa harus meninggalkan kantor dalam waktu yang lama. (fin/ur)