anas tiru gayaJakarta (SegmenNews.com)- Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Indria Samego memprediksi mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum akan terus ‘bernyanyi’ meniru terpidana korupsi M. Nazaruddin. Anas selama ini menyimpan banyak informasi yang ia rahasiakan selama belum ditetapkan sebagai tersangka korupsi.

“Akan ada efek domino,” kata Indria saat dihubungi Kamis 28 Februari 2013. “Anas tidak melakukan semuanya sendirian,” ujarnya.

Sebagai mantan Ketua Umum Demokrat, Anas diyakini mengetahui seluruh seluk-beluk keuangan partai. Indria yakin masih banyak proyek-proyek lain di pemerintahan yang digarap dan dikeruk anggarannya untuk kepentingan partai. “Kasus-kasus lain masih banyak,” katanya.

Indria memperkirakan Anas akan bertindak sama dengan tersangka-tersangka lain. Ia akan bernyanyi soal keterlibatan orang-orang lain dalam kasus hukum yang ia hadapi. Nyanyian Anas, kata Indria, bisa dimanfaatkan penyidik sebagai informasi awal mengungkap semua yang terlibat dalam kasus korupsi.

Sebelumnya, pada Rabu 28 Februari 2013 kemarin, Anas tampil dalam wawancara eksklusif di beberapa stasiun televisi.
Dalam wawancara khususnya dengan RCTI, Anas menyatakan, Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin mestinya menjelaskan pengakuan Nazar tentang keterlibatan Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas.

Ibas disebut juga menerima aliran dana Hambalang. Apabila Amir tak bersedia menjelaskan ke publik, pada saatnya Anas akan menjadi cadangan untuk menerangkannya.

Dalam pertemuan itu, SBY disebut-sebut murka mengetahui putranya, Ibas, menerima aliran duit Hambalang.

“Kalau itu, tanya Pak Amir Syamsuddin, Pak Amir pernah pertama kali meminta keterangan atau informasi dari Nazaruddin tentang aliran-aliran uang salah satunya ya, dan memang jawaban Nazaruddin mengejutkan. Dia menyebut beberapa orang yang menerima uang itu,” kata Anas dalam wawancara yang ditayangkan RCTI, Rabu kemarin. (kpc/snc)