int pilgubsuMedan (SegmenNews.com) – Debat kandidat lima pasangan Calon Gubernur Sumatera Utara (Cagub Sumut) akan berlangsung di Hotel Grand Angkasa, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Medan, sekira pukul 18.30 WIB. Selain menghadirkan panelis dari Medan, KPU Sumut juga mendatangkan panelis dari Jakarta berlatar belakang ekonom.

Komisioner KPU Sumut, Turunan Gulo, mengatakan, persiapan menuju debat kandidat sudah rampung hingga 90 persen. Sisanya persiapan teknis yang nantinya akan diselesaikan sebelum pelaksanaan dimulai. Dua panelis yang akan hadir dalam acara tersebut sudah mengonfirmasi kesediaannya untuk hadir.

“Panelisnya satu berlatar belakang politik dan satu lagi ekonomi, sehingga nantinya debat bisa berjalan sukses dan menarik,” katanya di Medan, Jumat (1/3/2013).

Dia menjelaskan, mengenai kesiapan para kandidat, kelimanya menyatakan akan hadir, namun KPU tidak berhak memaksa kehadiran mereka apalagi memberi sanksi. “Kami hanya menjalankan tahapan dan memfasilitasi saja,” ucapnya.

Dalam debat nantinya akan diisi materi seputar ekonomi, politik, birokrasi, infrastruktur, serta sejumlah persoalan lain yang mencolok di Sumatera Utara. Selain persiapan debat kandidat, pihaknya mengaku tidak mengalami kendala menuju hari pencoblosan pada Kamis, 7 Maret 2013. “Semuanya sudah oke dan tidak ada masalah,” akunya.

Pilgub Sumut 2013 diikuti lima pasangan calon dengan daftar pemilih mencapai 10,3 juta orang yang tersebar di 33 kabupaten/kota. Mereka adalah Gus Irawan-Soekirman, Efendi Simbolon-Jumiran Abdi, Chairuman Harahap-Fadly Nurzal, Amri Tambunan-RE Nainggolan, dan Gatot Pujo Nugroho-Tengku Erry Nuradi. (okz/snc)