Wakil Bupati Menyerahkan piala bergilir kepada juara umum mtq ke XIII tingkat kab. rokan hulu kepada camat rambah hilir.
Wabup, Ir Hafith Syukri MM menyerahkan Piala bergilir kepada pemenang MTQ diwakilkan oleh Camat Rambah Hilir

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XIII Tingkat Kabupaten Rokan Hulu, yang dimulai sejak 26 Februari s/d 2 Maret 2013, usai sudah dilaksanakan dan telah ditutup secara resmi oleh Wakil Bupati Rohul, Ir H Hafith Syukri MM, Sabtu (2/3/2013) pukul 20.00 Wib, bertempat di lapangan Pemuda Desa Tangun Kec Bangun Purba.

Hadir dalam upacara penutupan tersebut adalah Wakil Bupati Rohul Ir H Hafith Syukri MM, Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, Ketua MUI Drs H Hasbi Abduh MAg, beberapa anggota DPRD Rohul, Asisten II H Syaiful Bahri SSos MSi, para Kepala Badan/Dinas/Kantor di lingkungan Pemkab Rohul, DANRAMIL Rambah, Kapolsek Rambah, Camat se Rohul, Kepala KUA se Rohul, dan 6000 umat Islam Bangun Purba dan sekitarnya.

Wakil Bupati dalam sambutan pengarahannya menyatakan, bahwa selama 13 kali perhelatan MTQ Tingkat Kabupaten di Rokan Hulu, MTQ di Kec Bangun Purba adalah yang paling meriah, semarak, dan paling banyak dikunjungi oleh masyarakat, ditambah dengan banyaknya stand para pedagang, yang secara khusus datang berjualan di arena MTQ.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Camat dan Masyarakat Bangun Purba yang telah dapat melaksanakan event MTQ ini dengan sangat meriah dan masyarakat telah dapat menghadiri setiap perlombaan cabang MTQ dengan penuh antusias,” tegas Hafith Syukri.

Hafith Syukuri lebih lanjut menyatakan, hasil kejuaraan MTQ tahun ini mengalami kejutan cukup besar, biasanya dimenangi oleh Kec Rambah, apalagi telah meraih piala tetap pada tahun lalu. Namun  berdasarkan hasil kejuaraan, sesuai yang dibacakan oleh Ketua Dewan Hakim yang juga Kakan Kemenag Rohul, Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, keluar sebagai Juara Umum adalah kafilah Kec Rambah Hilir. Sedangkan juara Umum II adalah kafilah Kec Tambusai Utara dan disusul sebagai juara umum III adalah kafilah Kec Bonai Darussalam.

Kafilah Rambah Hilir meraih total nilai 34 dengan meraih 5 juara I, 2 juara II, dan 3 juara III. Tambusai Utara meraih total nilai 33 dengan meraih 3 juara I, 5 juara II, 3 juara III. Sedangkan Bonai Darussalam meraih total nilai 32 dengan meraih, 5 juara I, 2 juara II, dan 1 juara III. Pada pusaran tiga besar ini terjadi persaingan sangat ketat, tegas Kakan Kemenag Rohul.

Kakan Kemenag Rohul menyatakan bahwa Qiblat MTQ tahun ini mengalami pergeseran, yang semula Kec Rambah dan saat ini beralih ke Kec Rambah Hilir, disusul Tambusai Utara, lalu kemudian Kec Bonai Darussalam. “Harapan kita kedepan terjadi persaingan positif dalam kerangka fastabiqul khairat menuju masyarakat Rokan Hulu Gemar mengaji dan menghafal Alqur’an,” tegasnya.

Untuk itu, Ahmad Supardi Hasibuan  mengharapkan agar suksesnya pelaksanaan MTQ ini, harus dibarengi dengan melekatnya Alqur’an bagi umat Islam. Bila hal ini dapat dilakukan, berarti umat Islam telah dapat memetik hikmah terbesar dari MTQ itu sendiri.

Untuk itu pula beliau berharap agar umat Islam Bangun Purba dan Rokan Hulu, setelah selesainya pelaksanaan MTQ ini, dapat menjadikan start awal dimulainya 6 gerakan penting terkait dengan Alqur’an.

Pertama, Gerakan belajar baca tulis huruf Alqur’an, dengan menghidupkan kembali pengajian tradisional di rumah-rumah ustaz/ah setiap malam, khususnya antara magrib dengan isya.

Kedua, gerakan membaca Alqur’an, baik di masjid maupun di rumah-rumah setiap umat Islam. Ketiga, gerakan menghafal Alqur’an. Keempat, gerakan memahami isi kandungan Alqur’an. Kelima, gerakan mengamalkan Alqur’an. Dan Keenam, gerakan mengajarkan Alqur’an.

Jika hal ini dapat dilakukan, itu berarti bahwa umat Islam Bangun Purba dan Rokan Hulu, telah dapat memetik hikmah penting dan terbesar dari pelaksanaan MTQ yang menelan tenaga, pikiran, dan biaya yang cukup besar itu, tegasnya.

Ketika ditanya tentang siapa tuan rumah MTQ XIV Kab Rohul tahun 2014, Kakan Kemenag menyatakan bahwa sesuai giliran adalah Bonai Darussalam atau Pendalian IV Koto, namun hal ini akan dilaporkan kepada Bupati Rohul Drs H Achmad MSi, sebab ada wacana pasca MTQ Provinsi Riau di Rohul Tahun 2013, MTQ Kab Rohul dilaksanakan di purna MTQ Provinsi Riau di kompleks Masjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pengaraian.

“Putusan akhir tetap ada pada Bupati,” tegas Ahmad Supardi.(adv/humas).