Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Rokan Hulu meminta kepada Kepala desa yang belum menyerahkan SPJ APBDes untuk tahun 2012, sebab dana ADD tahun 2013 akan dicairkan Maret.

Kepala BPMPD Rohul, Drs Budhia Kasino melalui Kepala Bidang Keuangan dan Aset Irdala Suwarni SH didampingi Kasi Aset Desa Sulpan, Senin (4/3/2013) menyampaikan bahwa dana ADD 2013 naik sebesar 8 persen atau Rp 7 miliar jika dibandingkan dengan dana ADD tahun 2012 yang hanya sebesar Rp 49,5 Miliar.

Sumber dana dari APBD Kabupaten Rohul tahun 2013 itu diperuntukkan bagi 147 desa sesuai dengan ketetapan Bupati Rohul masing-masing Desa mendapatkan dari Rp.300 hingga Rp.500 Juta perdesanya.

Untuk pencairan dana tersebut kepala desa harus melengkapi persyaratan yang telah ditetapkan yakni SPJ APBDes tahun 2012. Rekomendasi dari Camat, kemudian untuk pencairan dana ADD di tahun 2013 ini adalah RAPBDes, LKPDes, RPJMDes dan APBDes tahun 2013.

“Kita sudah tiga kali menyampaikan kepada camat secara tertulis agar Kepala Desa melengkapi seluruh Laporan-laporan yang diperlukan terkait dengan pencairan dana tersebut,” katanya.

Irdala mengatakan dari 147 Desa yang mendapat bantuan dana Anggaran Dana Desa(ADD)sebanyak lebih kurang 100 Desa sudah menyampaikan SPJ nya ke BPMPD,sedangkan 47 Desa lagi masih belum,sedangkan penyampaian SPJ tersebut akan berakhir ada tanggal 15 maret 2013.

Menurut Irdala pencairan ADD dilakukan selama 2 tahap,yakni tahap pertama akan dicairkan sebesar 60 persen dan tahap kedua sebesar 40 persen, namun untuk pencairan tahap demi tahap, terlebih dahulu harus menyampaikan SPJ APBDes di tahu sebelumnya.

Setelah Kepala Desa menyampaikan SPJ tersebut BPMPD akan mengeluarkan rekomendasi pencairan untuk diteruskan kepada Bupati, kemudian Bupati akan mengeluarkan rekomendasi kepada DPKA, untuk dicairkan melalui rekening Kepala Desa.(ran)