Bupati Siak H Syamsuar sampaikan ekspos Paten
Bupati Siak H Syamsuar sampaikan ekspos Paten

Siak (SegmenNews.com)- Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi dihadapan para camat se Provinsi NTB menyampaikan ekpos tentang Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten), Rabu (6/3/2013) di ruang Melati Kantor Gubernur Riau Pekanbaru.

Bupati ekspos biografi pengalaman kerjanya, yang pernah menjadi sekretaris camat dan Camat, atas dasar itulah kami telah melimpahkan sebagian kewenangan kepada camat. Sebagai wujud atau bentuk percepatan pembangunan yang merata hingga kepelosok desa dalam rangka pelayanan terhadap masyarakat.

Disamping itu kendala kendala seperti keadaan geografis dan infrastruktur kabupaten yakni jarak antar kecamatan ke ibukota kabupatennyang cukup jauh.

Panjang lebar Bupati Siak menyampaikan program-program dalam rangka pencapaian visi dan misi kabupaten Siak, seperti kebijakan dan program prioritas, pembangunan sumber daya manusia.

Lebih lanjut Bupati secara detail menjelaskan tahapan tahapan pelaksanaan Paten di kecamatan.Kami juga akan melaksanakan kegiatan Sistem Administrasi Terpadu Keacamatan (SisPaten yang online) bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri, ungkap Bupati.

Bapak Gubernur Riau kata Bupati, telah mengusulkan ke Kementerian Dalam Negeri tentang kabupaten Siak sebagai kabupten percontohan terkait bidang pelayanan masyarakat.

Sebelumnya Wagubri H Mambang Mit membuka sekaligus menjadi moderator dalam rangka kunjungan kerja Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat ke Provinsi Riau.

Mengingat sangat besarnya manfaat penyelenggaraan Paten inilah, maka Gubernur Riau mengeluarkan Surat Edaran Gubernur Riau Nomor 100/TAPEM/0604 Tanggal 15 Februari 2010 tentang Implementasi Kebijakan Pelimpahan Sebagian Kewenangan Bupati/Walikota kepada camat dan Pearturan Gubernur Riau Nomor 59 Tahun 2012 tentang Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan, kata Wagubri.
Diharapkan pada tahun 2014 nanti seluruh kecamatan di Provinsi Riau sudah menerapkan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) seperti yang telah dilakukan oleh pemetintah Kabupaten Siak sebagai pilot project di Indonesia, harap Wagubri.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat dan rombongan berjumlah 128 orang termasuk camat 64 orang , Asisten Pemerintahan Sekda Prov. Riau, Wakil Bupati Sumbawa Barat, Wakil Bupati Bima, pimpinan SKPD dari Provinsi NTB serta sejumlah pejabat dari Provinsi Riau dan Kabupaten Siak. Acara selanjutnya adalah diskusi atau tanya jawab. (rls/Humas)