Ir Hafith Syukri MM
Ir Hafith Syukri MM

Rokan Hulu (SegmenNews)- Menjelang Pemilihan Gubernur Riau bulan September 2013 mendatang. Wakil Bupati Rohul, Ir Hafith Syukri MM menghimbau kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) Rohul agar melakukan pendataan hak pilih suara langsung mendata kerumah warga.

“Pemilihan Gubernur nantinya tidak ada Golput di Rohul, sebagai petugas pendataan penduduk PPS harus jeli dan langsung melakukan pendataan kerumah warga, sehingga tidak ada satu orang wargapun yang tertinggal,” ujar Hafith usai pelantikan 10 anggota PPS oleh KPUD Rohul, Rabu (6/3/2013) bertempatdi hotel Gelora Bhakti.

Selain itu KPUD juga diminta menjalankan perannya dalam pemilukada dengan baik. “Kita yakin dan percaya bahwa KPUD Rohul bersifat netral dan menjalankan tugas sesuai ketentuan sehingga hasil dari Pemilukada nantinya betul-betul murni dan tidak ada satu calonpun yang dirugikan,” ungkap Wabup.

Ketua KPUD Rohul, Jonaidi Dasa S.si mengatakan bahwa usai pelantikan 10 anggota PPS ini, mereka akan di berikan Pelatihan Bimbingan Teknis dalam pemilihan suara Pilgubri.

Setelah itu dilanjutkan dengan Singkronisasi tentang data DP 4 yang sudah disampaikan oleh pemerintahan ke KPU yang berjumlah 400.823 dari penduduk 610.110 jiwa.

Menurut Junaidi data DP 4 yang disampaikan Pemerintah Pusat melalui pemerintah Kabupaten Rohul belum bisa dijadikan sebagai data Akurat untuk pemilihan, sebab pada data tersebut tentu ada warga yang meninggal, pindah alamat, bahkan ada yang masuk ke daerah ini, dengan demikian data tersebut harus disingkronkan dengan data yang baru.

“PPS musti melakukan pendataan kembali ke lapangan,” katanya.

Junaidi juga mengingatkan kepada PPS yang dilanti agar menjalankan tugasnya dengan netral dan tidak memihak kepada satu calon, meskipun Calon Gubri yang berasal dari Kabupaten Rohul.

“Walaupun ada warga Rohul yang mencalonkan diri untuk menjadi Gubri, namun PPS dan PPK harus netral pada pelaksanaan tersebut sehingga tidak ada satu calon Gubernur yang dirugikan,” katanya. (adv/humas)