Bupati Siak Serahkan piagam pemenang MTQ KecamatanSiak (SegmenNews.com)- Panitia penyelenggara Musyabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XI Tingkat Kecamatan Tualang akhirnya mengumumkan bahwa Kelurahan Perawang mendapatkan nilai tertinggi, sehingga dinobatkan sebagai juara umum. Hasil akhir perlombaan itu disampaikan pada acara penutupan MTQ XI Tingkat Kecamatan Tualang di halaman Perumahan BTN Pinang Sebatang Barat, Rabu malam (6/3).

Penutupan MTQ Kecamatan Tualang ditandai dengan pemukulan beduk oleh Bupati Drs. H. Syamsuar, M.Si didampingi Camat Tualang Zulkifli, S.Sos dan unsur Upika serta anggota DPRD dapil Tualang.

Bupati Siak mengatakan, dengan telah diselenggarakannya MTQ, maka diharapkan mampu menambah kegairahan umat Islam untuk mengkaji, mempelajari, membaca dan memahami serta mengamalkan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup.

“Mari kita jadikan MTQ ini sebagai momentum untuk melakukan pembinaan dan pengembangan terhadap Qori/Qoriah, Hafidz/Hafidzoh, serta semua cabang lainnya demi mempersiapkan peserta MTQ ditingkat selanjutnya”, kata Bupati.

Disamping itu Bupati Siak mengajak umat muslim untuk mengimplementasikan magrib mengaji ditengah masyarakat. “Hendaknya kesempatan ini digunakan oleh guru mengaji untuk mengajarkan anak-anak yang belum bisa membaca dan menulis huruf Al Qur’an di masjid, begitu juga kepada guru untuk aktif mengajar mengaji anak di sekolah,” ungkap bupati.

Hal ini untuk mewujudkan Visi dan Misi masyarakat yang agamis di Kabupaten Siak. Dalam upaya tersebut, pemkab Siak juga membuat program setiap kecamatan mengirim dua perwakilan dari kecamatan terbaik untuk dikirim di Jawa mempelajari Alquran dan memperdalami pengetahuan agama yang nantinya diharapkan dapat menjadi ustad maupun iman masjid. Terkait hal tersebut Pemkab Siak sudah mulai menyeleksi untuk mengirim qori/qoriah untuk belajar di Islamic Center di Batam yang nantinya diharapkan mutu bacaan alquran yang berkualitas.

Bupati juga mengharapkan agar disetiap kecamatan memiliki desa Sakinah sebagai Desa Percontohan. “Kami berharap Kecamatan Tualang ada mengusulkan Desa mana yang akan dijadikan Desa Sakinah,”ungkap Bupati.

Sementara itu, camat Tualang Zulkifli menyampaikan kegiatan MTQ ini untuk menyeleksi qori/qoriah terbaik yang akan mewakili Kecamatan Tualang pada pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Siak pada akhir Bulan Maret ini.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada panitia, pihak terkait lainnya dan masyarakat yang ikut dalam mendukung pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Tualang hingga sukses,”papar camat. (adv/humas)