Panen PadiRokan Hulu (SegmenNews.com)- Ratusan masyarakat menyambut baik dan antusias mengikuti panen raya yang merupakan salah satu dari Program Corporate social responsibility (CSR) 2013 PT PSA kebun Tambusai di Kecamatan Kepenuhan Hulu, Kabupaten Rokan Hulu, Kamis (7/3/2013).

Panen raya padi seluas 25 hektare di Desa Kepayang, Kecamatan Kepenuhan Hulu tersebut juga di hadiri oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Rohul, Ir Srihardono, Camat Kepenuhan Damri Poti S,Sos, Tokoh Masyarakat Kepenuhan, Danramil Kepenuhan, Kades Kepayang, Anten dan anggota kepolisian kepenuhan.

Masyarakat dan para tamu undangan di dampingi, General Manager PT PSA, HM Yusuf Siregar,SP, Humas Regional, Jumiadi Saputra, HR PT PSA Hardian dan berapa staf PT PSA melakukan panen bersama.

HM Yusuf menyampaikan bahwa panen raya padi ini adalah salah satu dari sekian program CSR PT PSA yang memberikan bantuan benih padi pada tgl 7 Januari 2013 lalu. Hasilnya saat ini sangat memuaskan, diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya Desa Kepayang.

“Program tanam padi CSR PT PSA ini diharapkan lebih bersinergi dengan Program Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dalam pengembangan Swasembada Beras khususnya bagi masyarakat Kabupaten Rokan Hulu. Selain itu kita harapkan juga pertanian ini terus berkembang sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat,” harap Yusuf.

Dilanjutkannya, PT PSA melalui Program CSR 2013 ini akan terus melakukan peningkatan taraf hidup masyarakat Desa Kepayang dan Desa sekitar lainnya.

Camat Kepenuhan, Damri Poti menuturkan keberhasilan panen raya padi yang dibantu PT PSA ini perlu di contoh oleh perusahaan yang lain agar mereka lebih memperhatikan masyarakat. Apalagi Program Swasembada beras ini adalah salah satu Program Pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sementara itu Kades Kepayang, Anten mengucapkan terima kasih atas bantuan bibit padi dari perusahaan PT PSA, bantuan yang diberikan pada Januari 2013 lalu saat ini sudah bisa dinikmati masyarakat.

“Hasil panen ini sangat membantu kebutuhan masyarakat, kita harapkan kedepan PT PSA terus meningkatkan program CSR nya kepada masyarakat. Kita juga memberikan apresiasi kepada PT PSA yang telah bersinergi dengan masyarakat dalam segala hal di kehidupan dan kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Namun, disamping itu Anten masih mengharapkan dari pihak Pemda Rokan Hulu melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura agar memberikan bantuan fasilitas pengairan, sebab untuk mengairi sawah di atas lahan 25 hektare tersebut masih kurang.

Selain itu untuk memperlancar tanam dan panen padi, masyarakat masih kekurangan bajak dan panen padi. Sebab bantuan yang diberikan selama ini seperti 1 unit traktor bajak, alat panen masih kurang.

“Kita mengharapkan Pemerintah membatu pengairan sawah dan membantu beberapa fasilitas bajak dan tanam padi,” harap Anten.

Menanggapi permintaan masyarakat, Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura, Sri Hardono menuturkan akan merealisasikan bantuan kebutuhan guna peningkatan panen padi, yang tentunya untuk meningkatkan Swasembada beras di Kabupaten Rokan Hulu.

“Kita akan mengupayakan bantuan itu secepatnya,” sampai Sri Hardono. (ran)