Kepala Kantor Wilayah BPN ( Dr. Ronsen Pasaribu ) menyerahkan Sertifikat Tanah Rumah Dinas Buupati Rohul ( Kamis 07 Maret 2013 )
Bupati Rohul, Drs H Achmad Msi berjabat tangan dengan KaKanwil BPN Riau

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Agar masyarakat Kabupaten Rokan Hulu terhindar dari masalah sengketa lahan, Badan Pertanahan Negara (BPN) Provinsi Riau siap bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu.

Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad msi, Kamis (7/3/2013) di rumah Dinasnya saat menerima kedatangan KaKanwil BPN Riau, DR Roncen Pasaribu menyampaikan bahwa agar terhindar dari masalah sengketa lahan, maka terkait surat tanah perlu adanya peningkatan dari BPN.

Sebab, masalah surat tanah tersebut merupakan hal penting. Bupati mengharapkan BPN kedepan dapat mensosialisasikan dengan intensif hingga ke tingkat RT/RW.

Menurut Bupati walaupun ada permasalahan minimnya tim presensial dari pihak BPN yang hanya punya 2 tim. Namun hal itu hendaknya tidak menjadi kendala dalam pengurusan sertifikat tanah di kabupaten Rokan Hulu. Sehingga akan memudahkan masyarakat dalam pengurusan sertifikat tanah.

“Dengan adanya kemudahan itu, diharapkan akan mendongkrak kesadaran masyarakat dalam mengurus surat-surat tanah mereka,” imbuh Bupati.

Menanggapi hal itu, kakanwil BPN Riau, Roncen Pasaribu menuturkan dalam waktu dekat pihaknya akan menyiapkan sebanyak 800 parsel sertifikat tanah jenis Flora bagi masyarakat Rokan Hulu. Surat itu akan berguna untuk legalitas tanah masyarakat.
Lanjutnya, sebab selam ini surat yang digunakan masyarakat hanya sebatas hak pakai belum ada legalitas.

“Kedepan pendelegasian tanah, Pemerintah cukup melalui BPN daerah,” sampainya. (adv/humas)