bakarPekanbaru (SegmenNews.com)– Lebih dari 15 hektare lahan perkebunan karet milik warga Desa Sungai Alam, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau ludes terbakar dan hingga saat ini api masih terus meluas. Saksi mata yang dihubungi per telepon dari Pekanbaru, Kamis, mengatakan, kebakaran lahan di wilayah itu telah terjadi sejak beberapa hari lalu.

“Namun api terus saja meluas hingga diperkirakan sudah sebanyak 15 hektare lahan perkebunan karet milik warga yang terbakar. Semuanya lahan perkebunan karet,” kata Adrian, warga setempat.

Dia mengatakan, sebanyak 25 personel dari Dinas Pemadam Kebakaran telah diturunkan untuk memadamkan api, namun sejauh ini belum berhasil. Kondisinya menurut dia bahkan semakin parah setelah angin cukup kencang juga melanda sekitar wilayah lahan yang terbakar.

“Semakin meluas, lahan yang terbakar semuanya milik warga dan sudah ditanami tanaman karet,” katanya.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Bengkalis, Jafar Arif, mengaku dirinya telah meninjau secara langsung peristiwa itu. Menurutnya, medan yang ditempuh untuk sampai ke kawasan yang terbakar cukup sulit mengingat akses yang minim.

Kemudian, kata dia, personel Dinas Pemadam Kebakaran juga kesulitan untuk mencari sumber air mengingat kanal-kanal mulai kering akibat kemarau. “Benar, ada sebanyak 25 personel yang kami turunkan untuk memadamkan api di lahan warga tersebut. Namun cuaca dan medan tidak mendukung. Kami akan melanjutkan upaya pemdaman besok,” katanya.

Sejauh ini, demikian Jafar, pihaknya juga belum bisa memastikan penyebab terjadinya kebakaran di lahan perkebunan karet milik warga itu. “Kebakaran lahan memang biasa terjadi di sini. Namun biasanya lahan kosong yang diindikasi memang sengaja dibakar untuk kepentingan perluasan lahan perkebunan. Kali ini justru lahan yang memang telah ditanam bibit pohon getah yang terbakar hingga mustahil sengaja dibakar,” katanya. (ant/snc)