uang potongRokan Hulu (SegmenNews.com)- Kakan Kemenag Rohul, Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA melakukan evaluasi atas pertanggungjawaban administrasi keuangan pada semua kegiatan Kantor Kementerian Agama Kab Rohul beserta satuan kerja (Satker) di bawahnya, Kamis (7/3/2013) bertempat di aula Kantor Kemenag Rohul, Jalan Ikhlas Kompleks Perkantoran Pemerintah, Pasir Pengaraian.

Evaluasi ini dimaksudkan dalam rangka mempersiapkan semua pertanggungjawaban administrasi keuangan tahun 2012 yang lalu, yang biasanya diperiksa setiap tahun (tahun 2013), baik oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI, BPKP Riau, BPK RI, maupun oleh pemeriksa yang lainnya.

Hadir dalam evaluasi dimaksud, semua Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Bendahara Pengeluaran di lingkungan Kemenag Rohul beserta Satker yang ada di bawahnya. Baik PPK maupun bendahara pengeluaran membawa seluruh bukti belanja dan administrasi pengadaan barang dan jasa yang menjadi tanggungjawabnya, tegas Kakan Kemenag Rohul.

Untuk lebih memberi bobot dan kualitas pertanggungjawaban atas adminitrasi keuangan, Kemenag Rohul mengundang secara khusus tenaga ahli administrasi keuangan dari Kanwil Kemenag Prov Riau, yaitu Azmanhuri SE dan Namirah SE. Kedua tenaga ahli ini, menguji kebenaran antara laporan keuangan dan bukti administrasi yang tersedia.

Kakan Kemenag Rohul, Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, menyatakan bahwa evaluasi internal ini sangat diperlukan, sebelum dilakukan pemeriksaan oleh pihak eksternal, sehingga dengan demikian kita telah siap untuk diperiksa oleh siapa saja dan dari pihak manapun, sebab kita telah membenahi administrasinya.

Diharapkannya, agar setiap tahun Kemenag Rohul beserta Satker di bawahnya, dapat mempersiapkan administrasi keuangan secara baik dan bertanggungjawab, sehingga tidak terjadi temuan-temuan yang dapat merugikan Negara, yang menyebabkan kita harus melakukan pengembalian ke kas Negara atau yang lebih fatal dari itu, yaitu masuk penjara. (ran)