isg

Jakarta (SegmenNews) – Gonjang ganjing mengenai pelaksanaan Islamic Solidarity Games (ISG) memang sempat memanas. Itu terjadi setelah gubernur Riau Rusli Zainal ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Sempat beredar wacana bahwa even tersebut bakal dipindah ke kota lain atau diundur. Namun, Menpora Roy Suryo menegaskan bahwa even yang akan digeber Juni nanti itu tetap akan dilaksanakan di Riau. Pernyataan Roy pun menjadi sebuah vonis bahwa even itu tak akan mengalami perubahan apapun.

“Kami ingin menghargai tuan rumah Riau. Mereka sudah mempersiapkan even ini sejak jauh-jauh hari. Kami menetapkan bahwa even ini tetap akan dilaksanakan di Riau meski banyak beredar wacana pemindahan kota,” terang Roy di Jakarta.

Sebelumnya, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) memang sempat mewacanakan untuk memindahkan lokasi even. Jakarta dan Palembang sempat digadang-gadang untuk menjadi lokasi anyar. Tujuannya, KOI ingin menyelamatkan muka Indonesia di mata internasional.

Ketua pelaksana ISG pusat Anthony Sunarjo sempat mengatakan, ISG harus tetap jalan walaupun nantinya akan ada pemindahan lokasi. Bahkan, pria yang juga menjabat sebagai ketua harian PB Perbakin itu mempersilahkan pihak-pihak yang merasa pesimistis untuk mundur dari kepanitiaan.


Nah, dengan penegasan dari Menpora, KOI pun bisa sedikit bernafas lega. Namun, Menpora mengharapkan agar semua pihak bekerja keras demi menyukseskan even tersebut. Tak terkecuali para atlet dan pelatih yang bakal berjibaku di Bumi Lancang Kuning, nama lain Riau nanti.

“Para atlet harus melakukan latihan semaksimal mungkin. Karena persiapan Indonesia menuju ISG termasuk singkat,” tegas pria yang juga dikenal sebagai ahli telematika tersebut.(snc/jpnn)