ria air linesPekanbaru (SegmenNews.com)– Terkait sudah adanya investor yang akan menyelamatkan maskapai penerbangan kebanggaan masyarakat Riau, Riau Air Lines (RAL) yakni Riau Investment Coorporation (RIC) sudah dapat dipastikan. Hal ini sehubungan dengan sudah dilakukannya Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) pada tanggal 8 maret yang lalu.

Kepala Biro Administrasi dan Ekonomi Setdaprov Riau Irhas Irvan mengungkapkan yang menjadi konsep utama RIC adalah menyelematankan RAL. “Pada prinsipnya RIC masuk ke RAL konsepnya penyelamatan. RIC membantu RAL tidak mengandalkan RIC sendiri tetapi juga mengajak dari investor,” ungkapnya saat di temui di kantornya, Senin (11/3).

Disamping itu, ketika disinggung adanya keinginan mundur dari Komisaris RAL disampaikan Irhas itu mungkin saja. Hanya saja membutuhkan waktu yang lama bisa mencapai tiga bulan.

“Apabila sudah berjalan normal, izin ada, pesawat mulai terbang, masalah pimpinan nanti bisa dari hasil fit proper test. Semua kan tergantung pada management yang baru. Tapi yang pasti saya yakin lah kalau pak Ridha yang memegang karena beliau sudah tidak diragukan lagi kemampuannya,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Irhas menyampaikan anggaran dan kegiatan RIC sendiri tidak akan terganggu karena adanya RAL didalam RIC. Bisnis penerbangan merupakan bisnis yang padat modal dan mampu menghasilkan keuntungan besar.

Seperti yang diketahui, saat ini RAL memiliki tiga unit pesawat yang tidak berjalan. Ketika izin jalan sudah didapat dari kementrian perhubungan maka semua bisa dicarikan solusi. Apakah tiga pesawat tersebut akan dijual dan digantikan dengan yang baru ataupun diperbaiki saja.

“Itu tergantung pak Ridha, tapi yang pasti sekarang kita tidak mungkin meminta anggaran kepada pemerintah daerah,” tutupnya. (Dn/ur)