Bupati Rohul Annas Maamun menyerahkan draf kepada rektor UI
Bupati Rohul Annas Maamun menyerahkan draf kepada rektor UI

Rokan Hilir (SegmenNews.com)- Untuk meningkatkan sumber daya manusia dan mutu pendidikan, Pemkab Rohil berencana mendirikan kampus Universitas Riau Bagansiapiapi dengan metode belajarnya dilakukan dengan sistem kuliah jarak jauh.

“Kesepakatan sudah dilakukan dengan pihak Universitas Riau (UR) Pekanbaru. Metode perkuliahan dengan sistem jarak jauh, dilengkali dengan infra multi media, atau menggunakan sarana informasi yang canggih bagi mahasiswa,” kata Sekdakab Rohil, Wan Amir Firdaus, ketika dikonfirmasi, di sela-sela menyambut kunjungan Rektor UR, Ashaluddin Jalil, baru-baru ini.

Dalam pembicaraan singkat bersama pihak rektor dan dekan UR, Sekda, mengungkapkan, materi perkuliahan yang diberikan langsung dari UR Pekanbaru disesuaikan dengan kebutuhan. Program ini, untuk memenuhi tuntutan kebutuhan akan berdirinya universitas di Kota Bagansiapiapi.

“Itu langkah pertama tujuan menjalin kerja sama pendidikan dengan UR Pekanbaru, dengan demikian kebutuhan mahasiswa untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi dapat terwujud,” ungkapnya.

Langkah kedua, sebut Sekda, adalah program jangka panjang berdirinya universitas di Bagansiapiapi. Sebab, selama ini berbagai upaya yang dilakukan untuk mendirikan perguruan tinggi belum mendapatkan izin.

“Jadi langkah kedua arah pembicaraanya bersama pihak rektorat adalah pendirian Kampus UR. Sedangkan fakultas yang akan dibuka nantinya juga disesuikan kekhususan daerah, artinya fakultasnya sesuai kebutuhan daerah,” jelasnya.

Menurutnya, pembangunan Kampus UR Bagansiapiapi dipusatkan di kompleks Perkantoran Batu Enam. Selanjutnya, program pembangunan sarana prasarananya. “Kita pusatkan di Pusat Perkantoran Bagansiapiapi. Mengenai hibah bangunannya tentunya sesuai aturan berlaku,” imbuhnya. (hr/knc/snc)